15 orang Andikpas LPKA Pangkalpinang mendapatkan Remisi Anak Nasional

Gemantara.com,Pangkalpinang (Bangka Belitung) – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, suasana hati yang bahagia terpancar dari wajah Andikpas LPKA Pangkalpinang. Sebab sebanyak 15 orang anak didik pemasyarakatan (Andikpas) LPKA Kelas II Pangkalpinang mendapatkan remisi anak nasional (RAN) tahun 2019, Selasa (23/07).

Salah satu dari 15 orang Andikpas tersebut mendapatkan RAN II yaitu dinyatakan bebas. Pambacaan remisi anak ini dilakukan bersamaan dengan apel pegawai di lapangan apel LPKA Kelas II Pangkalpinang. Bertindak sebagai pembina apel adalah Suyatno ( Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang).

“Pemberian remisi diharapkan dapat meningkatkan motivasi kepada Andikpas agar senantiasa berkelakuan baik serta setelah dinayatakan bebas tetap menjadi generasi penerus harapan bangsa, tutur Suyatno”.

Secara psikologis, tidak baik untuk seorang anak terlalu lama di dalam penjara, karena mereka juga perlu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sebagai makhluk sosial. Namun demikian, selama di LPKA Pangkalpinang, kami melalui seksi pembinaan terus berupaya memberikan layanan pembinaan baik kepribadiaan dan kemandirian agar anak-anak bisa mendapatkan kepercayaan diri usai menjalani masa pidana di LPKA Pangkalpinang, tambah Suyatno.

Dalam kesempatan ini Suyatno juga menyampaikan bahwa dari 15 orang anak yang mendapatkan remisi tersebut, besaran remisi yang diterima berbeda-beda. Adapun besaran remisi yang diterima yaitu sebanyak 14 orang anak mandapatkan remisi sebesar 1 (satu) bulan dan 1 orang anak mendapatkan remisi sebesar 2 (dua) bulan.

“Remisi anak merupakan hak tetapi bukan mutlak harus diberikan. Untuk bisa mendapatkan resmisi, anak harus memenuhi persyaratan diantaranya harus berkelakuan baik selama menjalani pembinaan di LPKA Pangkalpinang, puangkas Kasdan (Kasi Registrasi dan Klasifikasi)”.

“Ku seneng hari ni, dengan dapat remisi anak tahun ni, ku dapat langsung bebas dan pacak kumpul agik kek keluarga diruamah, ujar Gilang (salah satu Andikpas LPKA Pangkalpinang yang mendapatkan RAN II)”.

Selama ku di dalam LPKA Pangkalpinang, banyak hal dan ilmu yang ku dapat. Salah satunya disini ku jadi pacak shalat, pacak ngaji dan diberikan keterampilan berkebun hidroponik, tambah Gilang.

“Terimakasih ku ucapkan kepada seluruh pegawai LPKA Pangkalpinang yang telah memberikan pembinaan serta utnuk kawan-kawan sesama Andikpas yang telah memberikan semangat kekeluargaan selama ku ade di LPKA Pangkalpinang, pungkas Gilang”.

Usai pembacaan remisi anak, kegiatan dilanjutkan dengan salam-salaman seluruh pegawai dengan Andikpas.

(WD H PRATAMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *