Darmansyah Anggota DPD RI Kunjungan Ke Pemkot Pangkalpinang

Gemantara.com,Pangkalpinang – Anggota DPD RI perwakilan Bangka Belitung Komite IV, Ir.Darmansyah Husen beserta rombongannya melakukan kunjungan ke kantor walikota pangkalpinang provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam rangka kegiatan reses anggota DPD RI yang disambut langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) kota pangkalpinang, Radmida Dawam, SH,MH. (Senin, 09/03/2020).

Hadir juga dalam acara tersebut yaitu staff ahli bidang pemerintahan kota pangkalpinang, Asisten administrasi umum, Asisten perekonomian dan pembangunan, kepala pokja, kepala BPS, kepala TSP perizinan, kepala Bakuda, kepala disperindag kopdag kota pangkalpinang, camat Girimaya,camat gabek, camat rangkui, camat gerunggang, camat pangkalbalam, dan camat taman sari.

Sekda pemkot pangkalpinang Radmida Dawam, SH,MH dalam kata sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ir. Darmansyah Husen yang telah menjadikan kota pangkalpinang sebagai logo dalam menyerap aspirasi masyarakat kota pangkalpinang.

Dalam kata penghantar, Ir. Darmansyah Husen mengatakan Kita berharap dengan adanya investor yang ada didaerah kita,bisa memberikan nilai tambah terhadap produk-produk yang berbasis dari daya alam yang kita miliki.

Dalam hal pendataan jumlah penduduk di wilayah kota pangkalpinang,kepala BPS menyampaikan kan telah mencapai target 6% secara sistem online dari jumlah 29,6% yang ditargetkan.

“Sensus penduduk tahun 2020 sistem online target untuk hari ini sudah 6% sedangkan target kita 29,6% untuk target sistem online. Pada bulan juli nanti kita akan melakukan besar-besaran untuk sensus penduduk tahun 2020, kata kepala Badan Pusat Statistik kota Pangkalpinang, Thamrin.

Kepala dinas UMKM dan perdagangan kota pangkalpinang, Drs. Akhmad Subekti, M. Si mengatakan jumlah UMKM untuk bidang koperasi yang ada di kota pangkalpinang sebanyak 119 koperasi tahun 2018, untuk koperasi yang aktif ada sekitar 62 koperasi selebihnya banyak yang tidak aktif. UMKM yang ada di kota pangkalpinang sebanyak 27.703 yang menyebar diberbagai kecamatan kota pangkalpinang, untuk usaha mikro sebanyak 16 ribuan lebih, usaha menengah sebanyak 719, usaha kecil sebanyak 10 ribuan lebih. Sedangkan untuk Permasalahan yang kita hadapi adalah masalah pemasaran produksi.

“Kita juga melakukan pendampingan untuk membantu para usaha untuk memasarkan produksi seperti sekarang ini kita sudah bekerja sama dengan pihak-pihak startup seperti gojek, go food dalam produksi-produksi perumahan berupa makanan,”ucap Kepala Dinas UMKM dan perdagangan kota Pangkalpinang, Drs. Akhmad Subekti, M. Si

“Akibat dampaknya virus corona ini yang sangat dahsyat yang mengakibatkan berpengaruh pada perekonomian kita,” Kata Radmida Dawam sekda pangkalpinang menambahkan.

“Untuk UMKM yang ada dikota pangkalpinang, Kita harus adakan penyuluhan pendampingan bagaimana mereka bisa memanfaatkan permodal-modalan seperti KUR sehingga bisa mendorong mereka berkembang menjadi lebih baik,”Ucap Ir. Darmansyah Husen kepada awak media.

Ir. Darmansyah Husen juga menambahkan, dalam mengembangkan UMKM ini strareginya yaitu harus mendorong dari bawah menarik dari atas artinya permodalan harus dibantu, kemudian cara produksinya harus diperbagus supaya higenis, memenuhi skala standart, perizinan PRT nya, IRT harus dipenuhi dan jangan lupa sertifikat halal.

“Adanya rancangan Omnibuslaw yang akan diluncurkan oleh pemerintah pusat dalam penekanan investasi di bidang UMKM supaya investasi besar-besar itu tidak mematikan bahkan dapat menarik UMKM lebih berkembang,”kata Ir. Darmansyah Husen.

(Gun”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *