GEMANTARA MERAMBAH TIMUR INDONESIA.

Kakak kaca mata atau lebih  Bang Yos Imbiri, pria kelahiran Sorong ,4 Nov “63

Tidak asing bagi warga Sorong, pasti mengenal dengan baik sosok Bapak yang pernah di jumpai oleh jurnalis Gemantara News sewaktu menghadiri kunjungan kerja di Jakarta.

Beliau sebagai publik figur di tengah tokoh adat di kota Sorong,selain beliau sebagai PNS beliau pun aktif dalam kegiatan2 di dalam lingkungan pemerintahan di kota Sorong.  

“LAUT terdalam, demikian arti kata sorong dalam bahasa Biak. Orang Biaklah yang pertama kali menemukan daerah Sorong sebelum Belanda tiba di Papua. Di masa selanjutnya, sebuah perusahaan minyak Belanda memulai eksploitasi minyak di Klamone dan membangun permukiman di Sorong. Sejak itu, Sorong yang letaknya berada di Kepala Burung Pulau Papua menjadi pusat kegiatan dan pintu gerbang masuk dan keluar Papua.” Sekelumit sejarah yang Bang Yos ceritakan pada kami tentang asal mula kota Sorong.

” Kota Sorong masih relatif muda. Baru delapan tahun sejak ditetapkan sebagai kota pada 28 Februari 2000″ jawab beliau ketika kami tanya tentang usia kota Sorong, ” Namun, perannya sebagai pusat kegiatan perekonomian sudah dikenal sejak masih menjadi bagian dari Kabupaten Sorong, bahkan jauh sebelum itu”  tambah beliau , “Berbagai julukan kerap terdengar, mulai dari kota minyak, kota niaga, hingga kota pintu masuk ke Papua.

Letaknya yang berada di Kepala Burung menjadikan Kota Sorong strategis sebagai pintu gerbang Papua. Semua itu tergambar pada lambang kota yang diwujudkan dalam rupa bangunan gedung bertingkat warna putih dan di depannya terdapat gambar kapal laut. Gambar itu selain diartikan sebagai pintu gerbang masuk dan keluar kapal laut ke Papua, juga sebagai kota perdagangan, industri, dan jasa.” Imbuh nya .

Sejak peningkatan status menjadi pemerintahan sendiri, Kota Sorong terus gencar menggali potensi wilayahnya.

Sumber daya alam yang dimiliki terbilang kecil karena sebagian besar berada di kabupaten induk, Kabupaten Sorong. Untungnya, sejak dulu Kota Sorong sudah mempunyai peran penting bagi daerah sekitar, khususnya daerah sekitar Kepala Burung.

Beliau pun menperkenal beberapa Kabupaten di daerah Sorong , seperti

Kabupaten Manokwari dan Fakfak sangat merasakan manfaat kota ini sebagai pintu masuk ke Papua. Transit barang yang diangkut ke Bintuni, Babo, dan sekitarnya di Kabupaten Manokwari dan Fakfak dari Kota Sorong terbilang aman.
Harapan Bang Yos ikut bergabung dengan GEMANTARA sesuai Visi dan Misi 

Bisa ikut memperkenalkan dan mengharumkan nama Bangsa dengan keaneka ragaman Budaya kita.

Bang Yos siap merangkul anak Negri nun jauh di sana

Merapatkan barisan dan menciptakan Keindahan dalam keaneka ragaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *