Gubernur Banten Harus Lebih Mantap Dan Serius Lagi Untuk Memberikan Pembinaan Terhadap Apdesi

gemantara.com, Serang – Asosiasi pemerintahan desa seluruh indonesia (APDESI) merupakan sebagai peran yang harus bisa menjembatani setiap desa desa lain nya di dalam satu pelaksanaan maupun untuk sebuah proses pembangunan dengan tujuan sebuah pencapaian kerja desa yang baik dan benar. (19/07/2019)

Maka dalam hal ini gubernur banten selaku kepala daerah pemerintah provinsi banten agar lebih meningkatkan pembinaan, sekaligus lebih memberikan satu pengawasan yang ekstra terhadap apdesi secara struktural dari mulai tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Menurut keterangan dari salah satu apdesi tingkat kecamatan yg “tidak saya sebutkan namanya”
menjelaskan kepada awak media gemantara.com

Kami adalah merupakan salah satu ketua apdesi di tingkat kecamatan sangat berharap kepada ketua apdesi di tingkat kabupaten dan provinsi, agar memiliki sebuah terobosan terob osan yang sifatnya membuat jaringan kemitraan di dinas dinss secara menyeluruh, bukan sebatas hanya mengatur dan membuat aturan kebijakan di saat desa sudah akan dilakukan nya tahap pelaksanaan kerja dalam mempercepat pembangunan di masing-masing desa.

selain itu selanjutnya dia ” menambahkan ” bahwa apdesi adalah merupakan sebagai salah satu wadah konsultasi dan pemersatu sesama kepala desa yang harus menciptakan komunikasi dan kerukunan antar masyarakat desa se provinsi banten.

“Kalau kita kembali kepada makna dari pembentukan APDESI, sebagai wadah konsultasi dan pemersatu maka kita dan salah satunya saya yang mewakili apdesi di tingkat kecamatan, berharap nanti terintegrasinya program-program antar desa dan antar kecamatan dan kabupaten agar mampu mempercepat pembangunan di provinsi banten ini,”
agar niatan baik pemerintah pusat dan daerah dalam membangun indonesia dari pinggiran dapat terlaksana dengan baik.

Sebab makna apdesi dalam hal ini telah tercantum dalam undang-undang nomor 6 ahun 2014 tentang desa.

Apalagi di dalm uu tentang desa telah diselaraskan dengan pelaksanaan visi dan misi presiden yang dirumuskan dalam nawacita ketiganya.

Selain dari itu, salah satu apdesi tingkat kecamatan “menambahkan”
disini tentunya kita semua juga berharap kepada masyarakat yang ada di pedesaan untuk bisa memahami niat baik dari pada kebijakan presiden republik indonesia ini, dan apalagi dengan telah terbentuknya APDESI di tingggkat daerah tentunya komitmen dari persiden kita harus kita sambut dengan baik,” ujarnya.

Amanat uu desa dan nawacita memberikan pemahaman jelas bahwa pemerintah dan masyarakat desa perlu mendapatkan perhatian serius dalam memperkuat kewenangan pemerintahan sebagai pondasi di desa sesuai dengan fungsi dan tugas pokok dalam melaksanakan misi juang APDESI, untuk satu startegi pokok yang di nilai cukup efektif yaitu strategi yang bersifat konsepsional.

Sebab strategi konsepsional inu harus di terapkan dalam bentuk penyampaian pemikiran saran dan gagasan gagasan apdesi kepada penentu kebijakan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah,” jelasnya.

APDESI dan organisasi penggiat mempunyai peran pendukung mendorong kesadaran masyarakat dalam melakukan pemantauan kegiatan dalam pembangunan di setiap kawasan perdesaan.

maka untuk itu kami “apdesi kecamatan”

berharap bahwa apdesi tingkat provinsi kab/kota mampu menjembatani kepentingan anggota masyarakat desa guna terwujudnya pemerintahan desa yang maju adil dan sejahtera serta turut mendukung segala bentuk program pemerintah yang mengedepankan posisi desa menjadi beranda terdepan,”

 

Mpap suprapto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *