Jabatan BPD Se-Kab Nisut Akan Berakhir Pemilihan Jabatan Baru Bulan Sep 2019

Jabatan BPD Se-Kab Nisut Akan Berakhir Pemilihan Jabatan Baru Bulan Sep 2019

GEMENTARA.COM – (Nias Utara,)

Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) akan melaksanakan Pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) pada bulan September 2019.

Pemilihan BPD Di Kabupaten Nias Utara berdasarkan UU  Nomor 6 Tahun 2014.Tentang Pengakatan dan pemberhentian perangkat dan aprat desa.Dengan mengingat BPD yang saat ini sedang aktif, sampai pada tanggal 6 Desember 2019 berakhir masa jabatannya, ungkap Kabid Pemdes (Alius Nazara) diruang kerjanya (19/8/2019).

Dikatakannya, tahapan pemilihan anggota BPD di setiap desa se-Kabupaten Nias Utara, tahapannya akan dimulai awal bulan September dan direncanakan pada bulan yang sama pemilihan BPD di masing-masing desa sudah semua terlaksana dengan baik. Seterusnya Kita merencanakan hal ini dalam beberapa bulan agar ada waktu untuk membuat Surat Keputusan (SK) bagi anggota BPD yang terpilih dan pada tanggal 6 Desember 2019 sudah dilantik seluruh BPD se kab Nias Utara. Sehingga tidak terjadi kekosongan jabatan BPD di setiap desa, ucap Alius.

Terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ingin mencalonkan diri menjadi anggota BPD itu sah sah saja, akan tetapi harus memperoleh izin atau rekomendasi dari Bupati Nias Utara, sebagai Pembina ASN. Tentu sebelumnya Bupati melalui OPD / Instansi yang bersangkutan dalam hal ini BKD mempertimbangkan, apabila tugas pokoknya sebagai ASN terkendala/ terganggu maka izin dimaksud tidak diberikan, terang Kabid.

Lanjutnya, jumlah  anggota BPD setiap desa ditentukan dan berdasarkan banyaknya jumlah penduduk di setiap desa sesuai yang diatur dalam Perda Kabupaten Nias Utara nomor 4 tahun 2015 tentang pemilihan anggota BPD yakni: Jumlah penduduk s/d 1.000 jiwa sebanyak 5 anggota BPD, 1.001 s/d 1.500 jiwa sebanyak 7 anggota BPD dan jumlah penduduk diatas 1500 sebanyak 9 anggota BPD.

Dan hal ini hampir seluruh desa di Kabupaten Nias Utara. sudah terbentuk Panitia pemilihan BPD, jadi yang kita tunggu pengesahan Perda baru terkait persyaratan bagi ASN yang ikut mencalonkan sebagai anggota BPD. Mudah-mudahan dalam waktu dekat Perda dimaksud sudah disahkan dan bisa diberlakukan, tuturnya. (Febeanus zalukhu.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *