Polda Bangka Belitung Sebut Zirkon di Pelabuhan Pangkal Balam Legal

Gemantara.com, Pangkalpinang – Direktur Reskrimsus Polda Bangka Belitung, Kombes Pol.Indra Krismayadi menyebutkan, bahwa zirkon yang ada di Pelabuhan Pangkal Balam dan sempat menjadi polemik beberapa hari terakhir ini ternyata legal.(10/07/2019)

Kombes Pol.Indra krismayadi menyampaikan kepada awak media,bahwa perusahaan yang memiliki zirkon tersebut mengantongi izin semuanya dan dinyatakan legal.

“Zirkon itu legal,kemarin sudah kita jawab ya.Jadi saat kita mendapatkan informasi bahwa adanya zirkon ilegal di Pelabuhan Pangkal Balam akhirnya kami menurunkan tim untuk melakukan penyelidikan.Tentunya tim itu turun ke perusahaan bersangkutan, kemudian mengecek surat surat administrasi dari perusahaan dan ternyata perusahaan tersebut mengantongi izin semuanya,” kata Indra.

Ia menjelaskan,berdasarkan Pasal 35 UU Minerba dikatakan apabila seseorang atau badan usaha melakukan usaha penambangan dia harus memiliki 3 izin yaitu IUP, ITR dan IUP Khusus.

“Begitu kita cek ke perusahaan tersebut, mereka mempunyai izin lingkungan, izin perusahaan kemudian izin prinsip.Karena legal mereka boleh membawa zirkon tersebut ke pelabuhan,boleh juga melakukan muat ke kapal yang akan berlayar,” ungkapnya.

Hanya saja,setelah itu perusahaan harus membuat izin berlayar kepada Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP).

“Selanjutnya perusahaan tersebut perlu membuat permohonan izin berlayar kepada KSOP. Jadi mereka kalau belum ada izinnya, ya gak bisa pergi.Jadi semua harus ada izin,” jelas Indra.

Saat disinggung mengenai perlunya Peraturan Gubernur sebagai legalitas melakukan pengiriman barang keluar daerah,menurut Indra hal tersebut tak diperlukan.Karena perusahaan tersebut telah memiliki IUP Khusus.

“Jadi begini, zirkon itu dinyatakan legal apabila ia memiliki IUP Khusus yang dikeluarkan gubernur. Begitu ia memiliki IUP Khusus, maka zirkon itu boleh dikirimkan antar pulau, yang penting dalam wilayah Indonesia,” jelasnya.

Kemudian apa perlu izin ke Dinas ESDM? Tidak perlu sudah dapat izin tidak ada masalah mereka sudah punya IUP Khsusus tersebut.

“Kendalanya kemarin hanya karena belum ada surat izin berlayar oleh KSOP, dan saat ini mereka lagi memohonkan itu. jadi nggak apa-apa, nggak ada masalah,” pungkasnya.

(WD H PRATAMA & GUNs”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *