Proyek Pengerukan Saluran Lingkungan Di Pohin Bokor Pemali Dikerjakan asal Jadi

Gemantara.com,Bangka Belitung – Proyek pengerukan saluran lingkungan di Pohin Bokor, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka diduga dikerjakan asal jadi,lantaran tumpukan tanah hasil pengerukan dibiarkan begitu saja.

Selain itu,terpantau beberapa minggu lalu di lokasi tempat pengerjaan pengerukan saluran lingkungan Pohin Bokor tidak terpasangnya lagi papan plang nama proyek dan cuma terlihat alat berat excavator hanya ada 1 unit di lokasi.

Menurut informasi yang didapatkan,perusahaan CV. Prisma Jaya adalah pelaksana kegiatan proyek tersebut, dengan anggaran dana sebesar 1,2 miliar rupiah dari APBD Provinsi Babel.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Sumber Daya Air (SDA) di Dinas PUPR Babel Imam, mengaku tidak tahu soal keberadaannya plang proyek itu, bahkan ia mengatakan bahwa kemungkinan plang nama proyek tersebut dipindahkan oleh masyarakat sekitar.

“Mengenai papan plang proyek dari awal pekerjaan itu ada, kalau sekarang sudah tidak ada kami tidak tahu,mungkin bisa saja dipindah oleh masyarakat sekitar,” kata Imam di ruang kerjanya, Senin (5/8) lalu.

Imam juga mengungkap bahwa proyek tersebut seharusnya mengerahkan dua unit excavator, dua yakni 1 unit long arm dan 1 unit lagi excavator standar.

“Kemarin itu alat berat excavator yang standar sebelum lebaran memang ada namum saat ini tidak ada lagi di lokasi pekerjaan, itu pun pihak kontraktor sudah kita beri teguran secara lisan supaya untuk digunakan kembali,” ungkapnya.

“Dalam persyaratan lelang memang ada tetapi karena harus menyesuaikan kondisi di lapangan mengingat area tersebut ada yang bisa dan tidak untuk dikerjakan menggunakan alat berat excavator,makanya tidak kita masukkan di dalam RAB nya,” tambah Imam.

“Kemudian jarak antara berem dengan [tumpukan] tanah galian itu sekitar 50-100cm, minimalnya 50cm supaya tidak turun kembali ke bawah, namun karena kondisi tanah di area itu endapan sedimennya tinggi, sehingga jaraknya tidak bisa sebagaimana mestinya atau harus sesuai dengan spesifikasi gambar,” tutupnya.

(GUNs”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *