*Sosialisasi DPP LSM Peduli SDM Prov Riau bersama Gubri Tentang Pengalokasian Perpustakaan Desa*

*Sosialisasi DPP LSM Peduli SDM Prov Riau bersama Gubri Tentang Pengalokasian Perpustakaan Desa*

Pekanbaru – Dewan Pengurus Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Peduli Sumber Daya Manusia Provinsi Riau (DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau) sejak sukses melaksanakan Hari Jadi ke-14 Tahun serta telah dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Gubernur Riau yang diwakili Wakil Gubernur Riau H. Edi Natar Nst. S.Ip pada Ahad (22/9/2019) di Gedung Darma Wanita Provinsi Riau yang lalu, kini terus aktif melakukan serangkaian kegiatan yang berpihak kepada kepentingan dan kebutuhan masyarakat Riau.

Ketua Umum DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau mengadakan pertemuan dengan Gubernur Riau Datuk Seri Setia Amanah H. Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Edy Natar Nst, Kamis 24 Oktober 2019 Kantor Gubernur Riau.

Kali ini, Datuk Khairuddin Al-Young Riau menyampaikan dalam hal tentang “Gerakan Selamatkan Negeri Menuju Riau Baru Riau Lebih Baik Tanpa Narkoba dan Korupsi melalui Program Penguatan Literasi Desa 2019/2020”.

“Program kerja membangun desa dengan gerakan literasi ini merupakan bentuk kepedulian LSM kami terhadap rendahnya minat baca masyarakat Desa/Kelurahan yang ada di Provinsi Riau”, kata Datuk Khairuddin Al Young kepada awak media ini.

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat tentunya diperlukan sapras yang memadai seperti; taman baca masyarakat, pojok baca dan tersedianya perpustakaan desa/kelurahan”, ucap Datuk Khairuddin.

Lebih lanjut Datuk Khairuddin Al Young Riau menambahkan dengan adanya kerjasama LSM kami sebagai pihak ketiga dengan Pemerintah Provinsi Riau, sebagaimana yang telah diatur dalam Permen PDTT No 3 Tahun 2015 tentang Pendampingan Desa, tertulis dan terbaca pada pasal 4 dan Pasal 10 bahwa LSM, Ormas, Perusahaan dan Universitas sebagai Pihak Ketiga ikut memberikan konstribusi pemikiran atau gagasan demi terwujudnya pembangunan desa yang lebih baik”, terangnya.

“Sehubungan dengan sosialisasi pengalokasian perpustakaan desa, kami mengharapkan aparatur pemerintah daerah segera mengimplementasikan kebijakan-kebijakan terkait Gerakan Literasi Desa ini, seperti yang telah diatur dalam Permen PDTT No 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Maka tidak ada salahnya dan penting kiranya untuk mengalokasikan sebagian kecil dana desa tersebut untuk memberdayakan pelayanan pendidikan anak dan kebudayaan masyarakat desa dengan menyediakan dan mengembangkan perpustakaan desa”, ujar Datuk bergelar Seniman Negeri Lancang Kuning Provinsi Riau ini.

Sementara itu tempat terpisah Gubernur Riau H. Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution mengatakan, sangat mengapresiasikan dan mendukung kegiatan DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau untuk mensosialisasikan program penguatan literasi desa se-Riau.

Gubernur Riau sepertinya meng-Amiin kan pembicaraan Ketum tersebut agar DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau terus maju kedepan menyelesaikan misi yang diemban.

Gubernur Riau akan berkordinasi dengan Kepala Daerah se-Riau dan jajarannya seperti Dinas Pustaka dan Kearsipan Provinsi Riau/Kabupaten, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Riau/ Kabupaten untuk segera menindaklanjuti program membangun desa dengan gerakan literasi”, tutup Syamsuar. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *