Tak Difungsikan Peralatan PCR Dipindahkan Ke Labkesda Pemprov Babel

Gemantara.com, Pangkalpinang – Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung (GTPPC-19 Babel), Andi Budi Prayitno membenarkan, bahwa untuk sementara waktu peralatan Polymerase Chain Reaction (PCR) tak difungsikan.

Hal tersebut, diterangkan Andi Budi Prayitno, bukan karena peralatannya rusak, melainkan saat ini peralatan yang memeriksa sampel pasien Corona itu sedang dalam proses pemindahan di Balai Labortarium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pemprov Babel.

“Ini akan dipindahkan ke Balai Labkesda Babel pasca direnlvasi, dengan penempatan di ruangan khusus seperti kriteria dan persyaratan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), supaya bisa dikeluarkan lisensinya. Jadi PCR saat ini sedang dalam maintainance persiapan pindah ke Gedung Balai Labkesda Babel,” jelasnya, Sabtu (16/5/2020).

Diterangkan dia lagi, bahwa pemindahan ini guna untuk memenuhi standard sebagaimana persyaratan yang ditentukan Kemenkes RI, antara lain harus memiliki tempat yang layak dengan adanya tekanan negatif dan faktor keamanan lainnya, seperti ada ruang dekontaminasi, ruang proses kotor, ruang ekstraksi, ruang bersih, ruang administrasi dan managerialnya.

Menurutnya, secara umum bangunan harus dengan tekanan negatif, artinya dari ruangan tersebut tidak akan mengeluarkan paparan virus sampai keluar, sehingga akan berdampak pada orang lain. “Karena ini terkait dengan safety orang menguji dan lingkungan sekitar,” tutupnya.

(Gun”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *