Tolo’aro Gea Kasek SMA.N 2 Names, Alokasikan Pembangunan RKB Di lahan Miliknya 

Tolo’aro Gea Kasek SMA.N 2 Names, Alokasikan Pembangunan RKB Di lahan Miliknya 

Gemantaratv.Com (Nias Utara) Tolo’aro Gea, S.Pd Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa dinilai Arogan Mengalokasikan Proyek Ruang Kelas Baru senilai Rp.708.297.000 (Tujuh Ratus Delapan Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Tujuh Ribu Rupiah) di Tanah Miliknya.

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Namohalu Esiwa resmi berdiri dan mulai beroperasional pada tahun 2016, sesuai dengan Surat Izin Operasional Sekolah SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara Nomor 421.4/2682-POP/Disdik/2016, Tanggal, 24 Juni 2016. Sejak resmi beroperasional dari 2016 sampai dengan 2019 ini SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa yang berlokasi di Hiligeo Dusun satu (I) Desa Esiwa, Kecamatan Namohalu Esiwa, Kabupaten Nias Utara telah menamatkan Siswa/I di Tahun Ajaran 2018/2019 ini.

Menurut Ketua Komite Sekolah SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa, bahwasanya sekolah yang masih baru ini dibawah Bimbingan Kepala Sekolah Tolo’aro Gea, S.Pd terus beroperasional seperti Sekolah pada umumnya meskipun memiliki banyak kekurangan dan keterbatasan, mulai dari ruangan belajar dan beberapa fasilitas yang masih belum memadai. “Kita sangat bersyukur karena diperhatikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dimana pada tahun 2018 Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara mempergunakan sebagian Tanah pertapakan bangunan Unit Sekolah Baru (USB) yang telah dihibahkan para penghibah pada Tanggal, 20 Mei 2016 yang lalu dengan membangun Ruangan Laboratorium dan sekaligus Dua Ruangan Kelas Darurat dengan dinding papan berlantai semen”  Ujar Asanudi Gea kepada awak media.

Di tahun 2019 ini lagi-lagi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara terus mengembangkan Pembangun Ruang Kelas Baru (RKB) beserta Perabotnya untuk SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa, Dimana diketahui bahwa sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) TA : 2019, dengan anggaran sebesar Rp.708.297.000.00  (Tujuh Ratus Delapan Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Tujuh Ribu Rupiah), dimana Pelaksanaanya Swakelola dengan Jangka waktu pengerjaan selama 120 hari terhitung dari tanggal 13 September 2019 sampai 13 Januari 2020.

Harusnya Pembagunan Ruang Kelas Baru (RKB) beserta Perabotnya di laksanakan Pada Lokasi yang telah di hibahkan pada mula awal berdirinya SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa yaitu  di Hiligeo, Dusun Satu (1), Desa Esiwa, Kecamatan Namohalu Esiwa, Kabaupaten Nias Utara, sesuai dengan Surat Hibah pada Tanggal, 20 Mei 2016. Namun Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa Tolo’aro Gea, S.Pd. mengarahkan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)  ditanah yang notabene miliknya jang memiliki jarak kurang lebih 1 Km. 

Atas kejadian dugaan dipindahkannya lokasi SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa tersebut dari Lokasi awal sesuai dengan surat hibah yang tertera pada izin operasional sekolah maka Masyarakat dan Penghibah Tanah menyurati kepada Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi di Gunungsitoli pada tanggal, 11 September 2019  karena merasa dirugikan dan menghambat perkembangan sekolah. 

Salah satu penghibah tanah menjelaskan  kepada awak media “Kami merasa ditipu, dikecewakan, dan dirugikan karena lahan produktif dan tanaman  kami telah ditumbang setelah kami hibahkan untuk membangun pendidikan disini, kami sebagai masyarakat menilai bahwa Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa arogansi dengan memindahkan lokasi seenak perutnya, kita sama-sama mengetahuilah tadi bahwasanya lokasi yang disodorkan dengan nafsu itu kondisinya seperti apa, jauh dari pemukiman warga, tidak sentral, dibelakangnya ada kali dan besar  kemungkin untuk longsor” Ujar Aminudin Gea Kesal. 

Respon Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Cabang Gunungsitoli, Drs. Gatimbowo Lase, M.M. menurut penilaian Masyarakat  dan Penghibah tanah di rasa tepat  yaitu dengan mengeluarkan Surat, guna menunda kegiatan memulai pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) sesuai pada surat nomor: 421/1245-TU/CABDISDIK-GST/IX/2019, tanggal 20 September 2019.

Diduga Surat Penundaan dimaksud tidak di Indahkan dan tidak dihargai oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa hingga terus menerus melanjutkan pembangunan  di atas tanah miliknya sampai berita ini diturunkan. 

Tolo’aro Gea Kepala Sekolah SMAN 2 Namohalu Esiwa  saat diwawancara oleh awak media, Senin (7/10/19) dilokasi bangunan RKB, Menjelaskan bahwa dia juga sudah menghibahkan tanahnya, pada Tanggal, 21 Mei 2019 kepada pihak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Yang diterima oleh An. DR. Drs. ARSYAD, M.M.

Hal ini tanpa di ketahui oleh komite sekolah dan para orangtua dan kedua penghibah lama sehingga lokasi SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa memiliki dua surat hibah dan dua lokasi yang berbeda. 

Lanjut, Tolo’aro Gea, S.Pd ketika di konfirmasi terkait lokasi pembangunan yang berbeda dia menjelaskan ada beberapa alasannya kenapa dia mengarahkan bangunan Ruang Kelas Baru diatas tanah miliknya karena dilokasi tanah hibah milik Asanudi dan saudaranya; labil sehingga dapat menimbulkan longsor, Ujar Tolo’aro Gea

Beberapa Siswa SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa yang tidak mau disebutkan namanya saat diwawancarai terkait bangunan RKB yang kini sedang dibangun, di lokasi yang sangat jauh dari tempat mereka belajar saat ini. Mereka mengatakan bahwa kami tidak setuju di pindahkan lokasi Ruang Kelas Baru karena terlalu jauh, bahkan salah satu siswa mengatakan bahwa dia malas bersekolah bila Ruang Kelas Baru dibangun dilokasi tanah milik kepala sekolah karna disamping jauh dari permukiman, juga sulit bagi pejalan kaki apalagi pengendara karna akses jalannya sudah rusak parah dan tidak ada pemukinan yang ada di sana. 

Demikian juga siswa-siswa lainnya menyampaikan hal serupa.Awak media telah mencoba mengkonfimasi Permasalah ini kepada Kacabdis Gunungsitoli melalui nomor Whatsappnya, namun hingga berita di terbitkan belum ada tanggapan dari pihak Kacabdis Gunungsitoli, awak media masih berusaha melakukan konfirmasi baik kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumut maupun kepada Pemerintah daerah nias utara. 

Di minta kepada Dinas pendidikan provinsi sumut maupun Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara untuk meninjau ulang lokasi SMA Negeri 2 Namohalu Esiwa demi kelancaran proses mengajar belajar. Dan menghindari kegagalan Progaram Pemerintah kedepan.(Febeanus zalukhu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *