Atisani Zega als Ina Katy Zalukhu Tidak Pernah Mendapatkan Bantuan Apa Pun Dari Pemkab Nias Utara

Atisani Zega als Ina Katy Zalukhu Tidak Pernah Mendapatkan Bantuan Apa Pun Dari Pemkab Nias Utara.

Gemantara.Com ( Nias Utara) Atisani Zega Als Ina Katy merupakan Seorang Janda ( 48 thn) yang tinggal suami (alm) Beberapa tahun yang lalu.Sehingga ina katy bertahan hidup bersama seorang anak perempuan bernama Katriyani Zalukhu Als Katy,siswi kelas XII SMK Negeri 1 Afulu Kec. Afulu Kab. Nias Utara Sumut.

Ina Katy juga merupakan Salah satu keluarga Kurang Mampu (Miskin) yang taraf kehidupan sehari hari sangat memprihatinkan. Saat ini Ina Katy Zalukhu dan anak nya tinggal disebuah Gubuk atau Pondok dengan berukuran 2×2 meter yang terbuat dari papan,berdinding bambu dan beratap Rumbia yang berdiri di Kebun Ama Rita Zalukhu di Desa Lauru Fadoro Kec. Afulu Kab. Nias Utara.

Menurut Penjelasan Ina Katy Zalukhu pada saat di wawacarai awak media Rabu, (19/02/2020) Ianya berasal dari Desa Sisobahili Kec. Afulu Kab. Nias Utara, sejak suami nya Meninggal Dunia, Ianya bersama seorang anak porempuan tidak memiliki apa apa, baik kebun atau sebidang Tanah milik sendiri maupun rumah sebagai tempat tinggal. Sehingga Ina Katy memutuskan untuk meninggalkan Desa Sisobahili dan mencari Tempat tinggal di lahan milik orang lain yang telah diberi izin tinggal oleh pemilik nya atas nama Ama Rita Zalukhu.(jelasnya) 

Sejak meninggal suaminya beberapa tahun yang lalu, Ina Katy Zalukhu tak pernah di Perhatikan oleh Pemerintah Desa Sisobahili karena tidak berdomisili di Desa Sisobahili, sehingga Bantuan Sosial dari Pemerintah Berupa Beras Rastra,BPJS,Bantuan PKH dan KIP untuk anak nya yang sekolah juga tidak pernah didapatkan. (Ucapnya) 

Setelah di pertanyakan kenapa tidak dapat bantuan dari pemerintah dan ianya menjelaskan saya tidak tahu, dan bisa jadi karena Status kependudukan belum dapat saya urus, bagaimana bisa saya mengurusnya sedangkan saya dalam keadaan sakit.Sehingga segala Surat surat keterangan Kependudukan belum diperoleh sampai saat ini.

Ina Katy Zalukhu saat ini sedang menderita Penyakit Tumor di perut yang dialaminya sekitar 6 Tahun lamanya,yang mengakibatkan Perutnya  Pembengkakan sehingga Sulit untuk bekerja dan mencari Nafkah,dengan keadaan penyakit yang dia derita tersebut, mengakibatkan Ina Katy Zalukhu hanya berdiam diri Gubuk derita.

Untuk mencari kebutuhan sehari hari, anak nya bernama Katriyani Zalukhu Als Katy harus bekerja keras sepulang sekolah di kebun orang lain untuk mendapatkan kebutuhan hidup dan biaya sekolah. Terkadang ada juga bantuan dari masyarakat sekitar yang memberikan bantuan sembako seadanya. Kondisi Ekonomi yang sangat kekurangan dan dengan keadaan sakit menyebabkan Ina Katy Zalukhu tidak dapat berobat di Puskesmas maupun Rumah Sakit. 

Ina Katy Zalukhu sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah terutama di bidang Kesehatan agar dapat mengobati Penyakit Tumor yang diderita,dengan harapan Penyakit nya bisa sembuh dan Ianya dapat beraktifitas seperti biasa untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.(harapnya)

Menurut ina katy zalukhu, pernah mendapatkan bantuan dari Anggota Polsek Lahewa melalui Brigadir Mangihut M. Gurning, sebagai Bhabinkamtibmas kecamatan Afulu.Selasa tanggal 11 Februari 2020.BerupaTali Asih dan ada juga dari pihak sekolah yang di kumpulkan oleh teman teman anak saya perempuan KATRIYANI ZALUKHU Als KATY di  berumur sekitar 17 Tahun ,yang merupakan pelajar kelas 12 SMK Negeri 1 Afulu.

dan setelah itu berkunjung di tempat kami ini.

Ina katy bersama anaknya sangat mengharapkan bantuan dari berbgai pihak baik dari pemerintah daerah maupun dari keluarga, famili dan teman teman yang untuk membantu mereka.(febeanus zalukhu) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *