Beberapa Kantor Pemkab Nisut Tidak Terbuka dan Kehadiran ASN/PNS Minim

Beberapa Kantor Pemkab Nisut Tidak Terbuka dan Kehadiran ASN/PNS Minim

Gemantara,Com.(NIAS UTARA) 

Beberapa Kantor Pemerintah Kabupaten Nias Utara Propinsi Sumut.Tidak Terbuka atau tidak aktif Pada hari pertama setelah usai pasca Idul Fitri 2019.Dan Juga kehadiran Para ASN dan PNS sangat Minim. Menurut Pantauan Media Gemantara. Com. Pada hari senin 10 juni 2019.Di Kabupaten Nias Utara terlihat bahwa sama sekali tidak Melaksanakan Apel Gabungan yang seharusnya di laksanakan di halaman Kantor Bupati Seperti pada hari pertama Sebelum Liburan. Hal ini Akibat Pimpinan Daerah Bupati dan wakil bupati tidak hadir, yang terlihat hanya Sekda yang duduk santai di ruang tunggu kantor Bupati bersama satu orang asisten dan satu orang Kabid.  

Secara umum telah di sampaikan surat edaran yang dikeluarkan oleh menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Republik Indonesia pada tanggal 27 Mei 2019, perihal : Laporan hasil pemantauan kehadiran aparatur negara sesudah cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Namun surat edaran tersebut sepertinya tidak dihiraukan di lingkup pemerintahan Kabupaten Nias Utara Provinsi Sumatera Utara, dibawah kepemimpinan kepala Daerah M. Ingati Nazara. A.Md.

hasil pemantauan wartawan senin (10/06/19) sekitar jam 09.30 wib, beberapa kantor Dinas masih belum dibuka, diantaranya : Kantor Inspektorat, Dinas PMD, BPKAD, Disdik, Kesbangpol, Distan, Diskominfo, Kantor Camat Lotu, diduga masih belum ada pegawainya, sebagian juga dalam posisi terbuka namun belum ada  orang didalamnya, kecuali Diskes dan Disdukcapil langsung ada Kadisnya.

Dikantor Bupati terlihat hanya Sekda dan satu orang asisten, dan bersama kabid dan mereka duduk santai diluar dan bukan diruang kerja masing-masing, serta beberapa orang pegawai biasa, sementara Bupati dan wakil Bupati belum datang pada saat itu. Setelah menjelang siang atau jam istirahat, mobil dinas berplat BB 1 Q dan BB 2 Q berada di kantor Bupati, dan itupun beberapa saat kemudian, mobdin plat BB 2 Q sekitar pukul 13.30 wib, berangkat dari kompleks kantor Bupati menuju ombolata ditempat orang meninggal.

Saat konfirmasi dengan Wabup Haogosekhi Hulu melalui WhatsAPP Tentang Kehadiran Para ASN dan PNS bahkan beberapa kantor belum terbuka Ia menjelaskan dengan singkat mungkin mereka melaksanakan ibadah, namun usai ibadah nantinya baru masuk kantor.

Begitu juga saat di kunjungi Kantor BKD untuk Di lakukan konfirmasi ternyata kepada kepala BKD barusan pulang menuju kota gunungsitoli pada hal masih setengah sepuluh pagi hal ini di jelaskan oleh Sekretaris BKD di ruang kerjanya dan dia menambhkan ketika di konfirmasi tentang kehadiran para ASN ia menjelaskan itu kebijakan pimpinan daerah karena kita mayorlitas agama kristen, ucapnya. 

Ditempat terpisah, menanggapi aktifitas ASN di lingkup birokrasi Kabupaten Nias Utara; Gazali zega selaku putra daerah yang juga ketum di Lembaga Independen Pemantau Nias (LIPAN) angkat bicara, dia sangat menyayangkan kelalaian pemerintahan di Kabupaten Nias Utara. Kita kecewa dengan tingkat ketaatan kedisiplinan pemerintah Kabupaten Nias Utara, jelasnya kepada kru media ini tambahnya; jadi ini semua bergantung dari pucuk kepemimpinan yaitu Kepala Daerahnya, kalau Bupatinya tegas maka bawahan semua harus tunduk. Sementara Bupati saja tidak hadir pada jam kerja, tentunya bawahan ikut-ikutan.”kesalnya”(Febeanus zalukhu) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *