Bkpmri Kabupaten Bangka Wisudakan 824 Santri Tpa

gemantara.com, Kabupaten Bangka – DPD BKPRMI Kabupaten Bangka, menggelar wisuda TPA yang diikuti sebanyak 824 santri dari empat kecamatan se-Kabupaten Bangka, di halaman Kantor Bupati Bangka, Rabu (1/5/2019).

Hari Subari, Ketua Umum DPD BKPRMI Kabupaten Bangka mengatakan, sejumlah 824 santri TPA yang diwisuda hari ini merupakan bagian dari 2.251 santri TPA yang akan diwisuda pada tahun 2019 ini.

Wisuda kali ini, dikatakan Hari, menjadi peristiwa bersejarah bagi semua pihak terkait, bagi anak-anak, orang tua santri dan penyelenggara di tingkat kecamatan dan kabupaten.

Hal tersebut karena, untuk pertama kalinya dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bangka sepanjang sejarah pelaksanaan wisuda TPA BKPRMI. ”Kegiatan ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bangka,” ucapnya.

Ke 824 santri yang diwisuda kali ini berasal dari empat kecamatan. Berdasarkan rincian Kecamatan Sungailiat 278 orang, Kecamatan Riau Silip 190 orang, Kecamatan Pemali 167 orang dan Kecamatan Puding Besar 189 orang.

Ia melanjutkan, santri yang diwisuda TPA kali ini diibaratkan sebagai padi yang berasnya dipersembahkan untuk Kabupaten Bangka. ”Artinya, para santri yang diwisuda merupakan kader terbaik untuk Kabupaten Bangka kedepan. Namun hal itu juga akan sia-sia kalau tidak dibantu pengawasan orang tua,” lanjut Hari.

Sementara itu, menurutnya, kegiatan BKPRMI Kabupaten Bangka tidak hanya pembelajaran Al Quran di tingkat TPA, sebab hingga saat ini terdapat unit remaja masjid yang berjumlah 41 unit tersebar di 8 kecamatan se Kabupaten Bangka.

Akan tetapi masih terdapat kecamatan dengan unit remaja masjid yang minim sehingga dibutuhkan dukungan pihak terkait untuk mengaktifkan unit remaja masjid. ”Masih ada yang kurang atau minim, seperti di Kecamatan Riau Silip hanya dua unit, Mendo Barat juga masih minim. Mohon nanti kepada pihak terkait, agar lebih memperhatikan remaja masjid,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Padli, yang mewakili Bupati Bangka menyampaikan, wisuda TPA ini akan menjadikan anak-anak bisa membaca Al Quran.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menyambut baik dengan diharapkan nantinya memadukan program yang ada di Pemkab Bangka yaitu program Ayo Cinta Baca Al Quran. “Ini salah satu modal kedepan bagi kita untuk membangun bangsa dan negara ini sebagai modal imam dan taqwa,” terangnya.

Pihaknya juga ingin BKPRMI Bangka untuk terus memberi manfaat, menegakkan keadilan dan kebenaran untuk bangsa dan negara dalam konteks NKRI. “Mari kita ajak anak-anak didik kita agar menjadi orang yang selalu bersyukur dan berbakti kepada orang tua dan Negara.
(WD H PRATAMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *