Bupati Dan wabup Bateng Hadiri Muscab I DPC ABPEDNAS Bangka Tengah

Namang – Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, S.T. dan Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, S.T. menghadiri acara Musyawarah I Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas-Indonesia) Kabupaten Bangka Tengah, di Gedung Serba Guna Desa Namang, Kecamatan Namang, Kamis (26/08/2021).

Bupati Bangka Tengah dalam sambutannya mengatakan dengan adanya asosiasi ini, hubungan antar Badan Permusyawaratan Desa (BPD) diharapkan semakin solid.

“Dengan adanya asosiasi ini, tentunya hubungan antar BPD semakin erat, efeknya pembangunan di desa semakin bagus,” kata Algafry.

Menurutnya, BPD mempunyai peran penting dalam pembangunan desa, yakni menunjang setiap aspirasi dan langkah yang disampaikan warga desa untuk kemajuan desanya masing-masing. Algafry berharap dengan adanya muscab ini, BPD meningkatkan peran aktifnya sebagai mitra pemdes dalam membangun desa.

“Apa yang menjadi tugas dan kewenangan BPD harus dipelajari dan dipahami, sehingga ketika dalam forum, kita bisa mengeluarkan segala kemampuan dan ilmu pengetahuan untuk membantu pemerintah dalam membangun desa,” harap Algafry.

Sementara itu, Sekretaris Umum DPD Abpednas Provinsi Bangka Belitung, Yayuk Wulandari, mengatakan bahwa Abpednas merupakan rumah besar bagi BPD untuk menampung seluruh aspirasi anggota BPD.

“Jika ada permasalahan di tingkat BPD, maka dapat disampaikan ke Abpednas baik di tingkat kecamatan hingga kabupaten. Jika belum terselesaikan di tingkat DPD Provinsi, akan diteruskan ke DPP,” terang Yayuk.

Menurut Yayuk, Muscab I ini mengagendakan pembentukan dan pemilihan Ketua DPC Abpednas Kabupaten Bangka Tengah masa bakti 2021-2026.

“Ini merupakan muscab yang pertama yakni pembentukan pengurus Abpednas tingkat Kabupaten. Harapannya, ke depan dapat terjalin sinergitas antara BPD dan Pemdes dalam pembangunan desa. Dengan adanya asosiasi ini, kami lebih menekankan pada peningkatan kapasitas anggota BPD,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPD Abpednas Provinsi Babel, Jupri, A. Md, Sekretaris Dinsos PMD, Camat Namang, serta perwakilan DPD Provinsi Babel dan anggota BPD se Kabupaten Bangka Tengah.
(Gun”77-TfK)

Sumber : Diskominfosta Kab.Bangka Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *