Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, lantik BPD Sebanyak 782 Orang.

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, lantik BPD Sebanyak 782 Orang.

Gemantara. Com ( Nias Utara) Pada hari jumaat (07/02/2020) Bupati Nias utara M. Ingati Nazara, lantik BPD Se Kabupaten Nias Utara periode 2020 -2026. Sejumlah 782 orang. Dari 112 Desa.di halaman Tirbun Nias utara. 

Pelantikan ini berdasarkan Peraturan Mentri Dalam Negeri No, 110 tahun 2016.Tentang BPD Badan Permusyaratan Desa. Dan UU No, 6 tahun 2014 Tentang pemberhentian dan pengakatan perangkat dan aprat Desa.Kemudian Peraturan Daerah Bupati Nias Utara No, 3 tahun 2019.Dengan dasar itu Pemerintah Daerah melalui Dinas PMD menyelenggarakan pemilihan serentah mengingat masa jabatan BPD telah merakhir pada 06/12/2019. 

Setelah usai pelantikan, awak media Gemantara. Com. Konfirmasi kepada pihak Dinas PMD melalui kepala Bidang PEMDES An. Alius Nazara. Menjelaskan bahwa kuota anggota BPD di Nias Utara sebanyak 782 dari 782 terdapat 5 kuota kursi yang tidak ikut dilantik anggota BPD yakni 4 orang di desa teluk bengkuang dan 1 orang di desa Banua sibohou III berarti anggota BPD terpilih sebanyak 777. 

Lanjutnya” ada 3 Desa yang belum di laksanakan pemilihan di tingkat desa dan tidak diikutkan pada pelantikan hari ini yakni,Desa botolakha dan Desa Bitaya karena baru berakhir Jabatannya pada bulan maret, 2020.seterusnya Desa Esiwa baru berakhir pada bulan mei,2020. Dan hal ini akan di laksanakan pemilihan setelah selesai masa jabatannya baru kita lantik.

kemudian ada 10 orang anggota BPD yang tidak dilaksanakan pelantikan yaitu ada 1 Orang keterwakilan perempuan dari Desa Dahadano, dan ada 2 orang dari Desa seriwau, dan ada 4 Orang dari Desa teluk bengkuang,  ada 1 orang wipil II di Desa Banua Sibohou III, ada 1 Orang keterwakilan perempuan di Desa hilinaa, dan 1 Orang keterwakilan wipil II fadorositoluhili.Dan ini akan di lantik nantinya, setelah selesai proses penyesaian permasalahan yang telah di sampaikan oleh pihak terlapor “Jelas Alius Nazara”

Dalam arahan Bupati Nias Utara. M. Ingati Nazara, Pengambilan Sumpah janji jabatan BPD berdasarkan UU dasar dan perataruan mentri dalam negeri.Tentu masing masing Daerah Kab/Kota telah di tetapkan Perda Dan Perbup. Untuk itu kami sebagai pimpinan daerah Nias Utara berharap agar seluruh BPD yang baru di lantik masa jabatan periode 2020 -2026, supaya mulai hari ini dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan aturan yang ada,sebagai mana BPD  itu merupakan pembawa aspirasi keterwakilan dari masing masing lingkungan.

Kemudian BPD yang baru saja di lantik supaya dapat mendukung dan mengawasi program pemerintah desa, M. Ingati mengakhiri sambutan dan arahannya Mengucapkan selamta atas pelantikan dan pengambilan sumpah kepada seluruh BPD yang terpilih dari wilayah masing masing.

Dalam acara pelantikan tersebut di hadiri wabup, Sekda, dan beberapa OPD Nias Utara, dan undangan lainnya.(F. Zal)  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *