Bupati Nisut Hadiri Acara Syukuran Balai Pelatihan Di Desa Sihene’asi 

Bupati Nisut Hadiri Acara Syukuran Balai Pelatihan Di Desa Sihene’asi 

Gemantara.Com ( Lahewa) Pada hari Selasa, 03-09-2019.Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara. Menghadiri Acara Syukuran Gedung Balai Pelatihan di Desa Sihene’asi Kecamtan Lahewa, Kab Nisut.kegiatan ini merupakan atas kesepakatan bersama, baik pemerintah desa, aparatur desa dan seluruh Elemen masyarakat Desa Sihene’asi,dimana pembangunan Balai Pelatihan yang bersumber dari Dana Desa pada tahun 2018 telah terlaksana dengan baik, sehingga masyarakat mengucap syukur.

Dalam kegiatan tersebut ada beberapa rangkaian acara,mulai penerimaan para pimpinan daerah Nias utara, serta rombongan dan para undangan lainnya.Masyarakat Desa Sihene’asi menyambut dengan antraksi silat,dan pemberian kalung bunga.Selanjutnya Bupati M. Ingati Nazara membuka secara Resmi Gedung Balai Pelatihan dengan memotong pita sekaligus seluruh para hadirin memasuki ruangan Pelatihan dengan antraksi adat istiadat (Hiwo) yang di tampilkan oleh para tokoh adat desa Sihene’asi.

Kades Sihene’asi, nyak Pau Aceh.melalui kata pembukaan menyampaikan Bahwa atas kehadiran Bupati Nisut dan serta rombongan dari OPD Nias utara dan undangan lainnya, atas nama Pemerintah dan segenap seluruh masyarakat desa Sihene’asi.Mengucapkan selamat datang di desa sihene’asi dalam menghadiri acara syukuran hari ini.

Lanjut Kades atas Pemerintah desa menyampaikan  bahwa, desa siheneasi Kec Lahewa,Kab Nias utara Melaksanakan kegiatan syukuran atas prestasi yang telah diperoleh selama ini antara lain;

Kami Mengucapkan rasa terimakasih atas terbangunnya Balai Pelatihan yang bersumber dari Dana Desa 2018.Sehingga atas dukungan berbagai pihak dapat  terlaksana dengan baik.Kemudian desa Sihene’asi termasuk Desa percontohan pada tahun 2017 dan tahun 2018 Juara I Desa cepat berkembang sekabupaten Nias Utara.Seterusnya Juara II pada kegiatan sepak bola dalam memeriahkan HUT RI ke 74 tahun 2019 se kec. Lahewa.Nama clup SEPAKAT.Kemudian Juara I perahu dayung yang diselenggarakan oleh AL di kecamatan lahewa juga dalam Memeriahkan HUT RI Ke 74 tahun 2019

Pada acara ini juga,sekaligus Serah terima jabatan SEKDES Sihene’asi yang telah mejabat selama kurang lebih 24 tahun dengan menjadi PNS beberapa tahun,tentu perlu beliau mengejar karirnya sehingga di tugaskan di kantor camat lahewa. Kami sebagai Pemerintah desa dan seluruh Masyarakat desa Sihene’asi mengambil musyawarah tentang itu, tentu segala jasa jasanya selama mejabat sebagai sekdes kami ucapkan banyak terimakasih.

Bupati Nisut M. Ingati Nazara pada kata sambutannya, menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Daerah Nias Utara. Mengucapkan terimakasih kepada kepala desa dan seluruh Lapisan Masyarakat desa Sihene’asi yang telah menyelenggarakan acara syukaran hari ini. Dan kami sangat mendukung dan mengapresiasi demi kemajuan pembangunan Desa.

Bupati Nisut menjelaskan bahwa desa Sihene’asi ini termasuk desa cepat berkembang di tingkat Kabupaten Nias utara. Dengan berbagai pertimbangan dan penilaian yang sudah di lakukan selama ini dari 11 desa sewilayah Nias Utara.Tentu hasilnya adalah Desa Sihene’asi yang menjadi desa cepat berkembang.Berdasarkan beberapa potensi yang ada.Yakni :

Daerah pariwisata Lafau Baech kemudian dan Pembangunan Hotel dan beberapa pembangunan lainnya.

Kami menilai bahwa di sebelas kecamatan Nisut baru di desa Sihene’asi yang memiliki Hotel apa bila nantinya siap di kerjakan.Tentu hal ini merupakan salah satu membawa Nama Nias utara dan menjadi aset tetap desa Sihene’asi sekalipun milik pribadi Masyarakat.

Dalam kesempatan ini, kami berpesan kepada Masyarakat marilah kita mendukung pembangunan desa dan menjaganya dan marilah kita Ramah lingkungan karena desa kita adalah termasuk daerah pariwisata tentu perlu kenyamanan bagi wisatawan baik lokal maupun wisatawan dari luar daerah, dan kami juga menghimbau agar budaya yang ada tetap terjaga 

Dalam sambutan BPD Sihene’asi Bazatulo gea mengatakan bahwa desa Sihene’asi merupakan desa yang luar biasa dan menjadi kebanggaan kita bersama untuk mencapai hal itu tentu berdasarkan dukungan Masyarakat.Dalam kegiatan ini ada beberapa kegiatan namun Seiring dengan sebutan kades selama ini bahwa sekali dayung perahu dua pulau di lalui tetapi hari ini kami menyampaikan sekali dayung perahu lima pulau di lalui,artinya dalam acara ini lima kegiatan yang kita laksanakan.” Tusnya”

Acara ini dihadiri oleh

Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara,Mantan Ketua DPRD kab Nias Utara.Rasali zalukhu, Kapolsek Lahewa.AKP Arius Zega, Danramil 05 Lahewa. Kapten HS lase, Anggota DPRD Nias Utara Bedali Lase.S.Pd.K, Tim Penggerak PKK kecamatan Lahewa, Camat Lahewa, Kepala Kelurahan kec Lahewa,Jajaran pemerintah Kab Nias Utara.Dan beberapa Kepala desa tetangga,Tokoh Adat,Agama,Pendidikan,Pemuda,dan tokoh Pemerintah desa siheneasi kecamatan Lahewa.Lapisan Masyarakat desa siheneasi yang tanpa terkecuali turut hadir diacara syukuran tersebut.

     

  Acara ini dimeriahkan dengan acara budaya Nias khusus Adat Lafau antara lain;

1. Maena 

2. Fondòni hoho di ruangan balai pelatihan desa siheneasi.

3. Fangowai + Fame’e afo.

4. Tari silat

5. Dens dll

   Kegiatan tersebut dari awal,pertengahan hingga selesai berjalan dengan sukses.(Febeanus zalukhu) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *