Cegah Convid-19, Dewia Zebua Membagikan Minuman Tradisional Di Wilayah Kecamatan Gido Dan Sogaeadu

Cegah Convid-19, Dewia Zebua Membagikan Minuman Tradisional Di Wilayah Kecamatan Gido Dan Sogaeadu

Gemantara. com (Nias), Anggota DPRD Kabupaten Nias dan sekaligus sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Dewia Zebua terus lakukan sosialisasi peduli cegah Convid-19 di Desa Hiliweto dan Desa Hiliuso Kecamatan Gido. Dan di Desa We’a-We’a, Desa Tulumbaho, Desa Hilibadalu Kecamatan Sogaeadu Kabupaten Nias, Sabtu (4/4/2020).

Karena kepedulian kepada masyarakat Dewia Zebua langsung terjun untuk menemui masyarakat dirumah (door to door) di 2 kecamatan yaitu kecamatan Gido dan kecamatan Sogaeadu untuk membagi-bagikan minuman rebusan rempah tradisional dengan ramuan jahe, kunyit, sereh, temulawak, kapulaga, daun salam, cengkeh dan juga gula merah yang telah diracik olehnya.

Dewia Zebua menjelaskan cara membuat rebusan rempah tradisional ini dengan cara semua bahan ditumbuk kasar lalu direbus 20 ke 25 menit tergantung banyaknya sampai wangi jahe keluar setelah panas, rebusan ramuan tradisional ini disaring dan sudah siap disajikan. Ide membuat rebusan rempah ini di dapat dari panduan buku dan berita di medsos.’jelasnya

Lanjut Dewia Zebua mengatakan setelah meminum rebusan rempah tradisional ini beberapa minggu terasa ada khasiatnya untuk meningkatkan imun tubuh, makanya punya ide berbagi kepada masyarakat. Di Kabupaten Nias bahan ramuan rebusan rempah ini mudah didapat karena rempah tradisional ini merupakan tanaman warga, dan Dewia mengajak warga untuk menanam bahan rempah ini di kebun atau bisa ditanam disekitar pekarangan rumah”papar Dewia.

Ditambahkannya, Dewia Zebua mengatakan bahwa beberapa desa yang telah dikunjungi dan begitu antusias masyarakat menerima ramuan jamu rebusan rempah yang siap diminum ini walaupun sebagian masyarakat menuai pro-kontra dan itu sah-sah terjadi dalam kehidupan sosial selalu menuai hasil pro-kontra ditengah-tengah masyarakat. Dan sosialisasi peduli cegah Covid-19 ini adalah bukan mencari sensasi di masyarakat atau bernuansa politik karena itu sangat jauh, dan kami sebagai wakil rakyat itu merupakan kewajiban seorang anggota dewan kepada masyarakatnya untuk memberi perhatian dan melayani, karena kami sebagai anggota dewan bukan hanya menyalurkan aspirasi masyarakat di Lembaga DPRD yang dibahas pada agenda tertentu, dan bagaimana kami anggota dewan selalu melakukan komunikasi yang baik di masyarakat. Dalam ide pembuatan minuman rempah tradisional ini semua hanya bisa berbagi apa yang bisa diberi walaupun sederhana dan tak bernilai dan kami sekeluarga mengerjakan dan memberi penuh rasa sukacita dan bahagia ketika warga masyarakat tercegah dari penyakit termasuk corona yang sedang mewabah saat ini ” imbuhnya.

Di akhir pertemuannya dengan warga, Dewia berpesan kepada masyarakat agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah yaitu jangan terlalu banyak melakukan aktifitas diluar rumah, menggunakan masker dalam aktifitas, hindari berkumpul dan menjaga jarak minimal 1 meter, jagalah kebersihan diri dengan mencuci tangan dengan sabun dan penggunaan hand sanitizer, menjaga kebersihan lingkungan, tetap menjaga pola hidup sehat dan teratur, dan selalu meminum ramuan rebusan rempah tradisional.”pesannya. (ArG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *