DANREM 051 /WKT RAPAT KOORDINASI PERCEPATAN REALISASI TARGET SERGAP PETANI TA 2018

 

Bekasi,Gemantara.com

Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, Dandim 0509/Kab. Bekasi Letkol Arh Henri Yudi Setiawan bersama Kepala Badan Karantina Kementan RI, Ir. Banun Harpini, dalam rangka rapat koordinasi percepatan realisasi target penyerapan gabah petani di wilayah Kodim 0509/Kab. Bekasi TA. 2018, di Aula Babinsa Kodim 0509/Kab. Bekasi, Selasa (20/2).

Dandim 0509/Kab. Bekasi Letkol Arh Henri Yudi Setiawan  dalam sambutannya mengatakan, hal yang sangat pokok dan inti dalam masalah pertanian pihaknya mengajak saling bersinergi baik itu petani, tengkulak,  bulog maupun pemerintah guna mensukseskan program swasembada pangan nasional yang berfungsi untuk kepentingan bangsa dan negara.

Kepala Badan Karantina Kementan RI, Ibu Ir. Banun Harpini, M.Sc., menyampaikan untuk bersama-sama memahami dan sebagai gambaran dalam pelaksanaan pertanian yang dinamakan Sergap  “Serap Gabah Petani”, yang bertujuan untuk membantu Bulog, dalam penyerapan gabah. Dalam menghadapi musim panen pada bulan Pebruari sampai dengan bulan April 2018.

Di negara kita selalu digembar- gemborkan bahwa beras selalu naik dan mahal. Semua ini tidak akan tercapai kalau kita tidak gotong-royong. Di sini perlu adanya peran para penyuluh, Babinsa dan semua warga masyarakat. Ini sangatlah penting, sehingga perlu kiranya diadakan diskusi dengan penyuluh dari Babinsa. Agar ke depannya semua dapat tercapai. Oleh sebab itu, diperlukan strategi yang meliputi  mengumpulkan Mitra Bulog seperti penggilingan padi, pedagang dan pengumpul atau tengkulak untuk membantu melakukan Sergap.

Dalam kesempatan yang sama juga Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, yang diawali dengan memperkenalkan diri kepada tim Badan Karantina Kementan RI, bahwa Korem 051/Wkt dimana salah satu jajarannya adalah Kodim 0509/Kab. Bekasi ini. Sesuai undangan Dandim 0509/Kab. Bekasi, tentang kegiatan percepatan penyerapan gabah yang merupakan masalah urgent, yang saya nilai perlu diatensi semua pihak termasuk Kementan, Bulog, TNI dan semua pihak. Selama ini kami senantiasa tetap mendukung program pemerintah agar dapat menjaga ketersediaan  bahan pangan. Disamping itu, kerja sama antara Babinsa dengan penyuluh serta para petani di lapangan sangat penting dan mereka selalu berupaya bersama-sama untuk menjaga ketahanan pangan. ” terang Danrem.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Danrem 051/Wkt Kolonel Inf Bobby Rinal Makmun, Kasi Ter Rem 051/Wkt Letkol Arm Joko Triyanto, S.Pd., Dandim 0509/Kab. Bekasi Letkol Arh Henri Yudi Setiawan, S.I.Pem., Kasdim 0509/Kab. Bekasi Mayor Arm Agus Tri Tunggal, Pasi Wanmil Rem 051/Wkt Mayor Inf Fendi Ta’au, Perwira jajaran (para Danramil) Kodim 0509/Kab. Bekasi dan Kepala‎ Badan Karantina Kementan RI Ibu Ir. Banun Harpini, M.Sc. serta beberapa undangan dari bank BRI, Kasub Divre Karawang, Litbang Pertanahan Prov Jabar, para Poktan maupun pedagang beras wilayah kab. Bekasi.

(Mat Bewok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *