Darmansyah Anggota DPD RI Kunjungi BI Babel

Gemantara.com,Bangka Belitung – Anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ir.Darmansyah Husein melakukan kunjungan kerja ke kantor Bank Indonesia (BI) bangka belitung.dalam kunjungan tersebut Anggota DPD RI yang didampingi oleh staf ahlinya ini diterima oleh kepala Bank Indonesia bangka belitung Tantan heroika.

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan kerja komite IV DPD RI dalam rangka pengawasan pelaksanaan UU No.20/2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta tentang pembinaan edukasi dan literasi jasa keuangan dalam pengendalian inflasi daerah.

Tantan mengatakan, pertemuan ini menjadi salah satu bentuk koordinasi antar lembaga negara dalam mengoptimalkan perannya masing-masing.

“Pertemuan ini sangat penting dalam rangka perbaikan pelaksanaan pengembangan UMKM dan tentang pembinaan edukasi dan literasi jasa keuangan dalam pengendalin inflasi didaerah,”ujar tatan di Gedung BI,jalan pulau bangka komplek perkantoran gubernur, kamis (12/03/2020).

Darmansyah menyampaikan,dalam melaksanakan uud pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah,menteri mengeluarkan peraturan menteri,bank indonesia juga mengeluarkan peraturan bank indonesia dan lain lain.inilah yang menjadi perhatian kami,bagaimana pelaksaannya dilapangan, perbandingan dan singkronisasi undang undang tersebut dengan kepentingan daerah.hal lain juga yang berkaitan tentang pembinaan edukasi dan literasi,tentang jasa keuangan dalam pengendalian inflasi daerah.

“Terutama dalam hal ini,kami sebagai wakil daerah mempunyai kepentingan bagaimana daerah daerah itu dapat memenfaatkan pearturan yang ada atau mungkin sebaliknya.sehingga bisa mendorong daerah itu dapat berkembang lebih baik.dimana juga pembinaan edukasi dan literasi tentang jasa keuangan dalam pengendalian inflasi daerah juga bagaimana kepentingan masyarakat bangka belitung agar bisa terlayani dengan baik,terakomodasi,terdorong,termotivasi dan lain lain ”kata darmansyah.

Menurut Tatan, peranan UMKM dalam struktur perekonomian diprovinsi bangka belitung sangat dominan baik dari sisi jumlah usaha, penyerapan tenaga kerja, maupun sumbangan terhadap PDB.
Dimana Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2020,diprediksi berada pada rentang 3,40-3,80%,menguat dibandingkan tahun 2019.pertumbuhan ekonomi ini didorong oleh masih kuatnya permintaan domestik dan kinerja sektor unggulan bangka belitung yang didorong oleh pertumbuhan ekonomi global yang relatif membaik ditahun 2020 meskipun masih terbatas.

Sebelumnya inflasi kita (Babel) merupakan yang tertinggi se-Indonesia,capain inflasi bangka belitung pada tahun 2019 relatif terjaga dan lebih rendah dari tahun 2018.terjaganya tekanan inflasi masih berlanjut hingga febuari 2020 yang mengalami deflasi.

Sebagai bentuk keberpihakan BI terhadap pengembangan UMKM dan masyarakat bangka beitung, berbagai upaya telah dilakukan baik dalam bentuk dukungan regulasi maupun pemberian bantuan teknis.

Selain itu, dalam mencermati tantangan ekonomi ke depan, pihaknya akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah,OJK dan otoritas lainnya.

“Dengan semangat sinergi, transformasi dan inovasi kami yakin pertumbuhan ekonomi Provinsi Bangka Belitung akan lebih baik ke depannya,menuju daerah yang maju dan semakin sejahtera,” katanya menambahkan.

(Gun”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *