DESA SIWAWO NIAS UTARA BICARA-MINTA MEDIA BANTU MASYARAKAT LEWAT BERITA

Gemantara.com
Warga Desa Siwawo Kecamatan Tugala Oyo Kabupaten Nias Utara pihak kepolisian, KPK dan pihak terkait untuk segera melakukan penyelidikan dan pemanggilan Oknum Kades dan pihak yang bertanggung jawab lainnya terkait dugaan kuat dan nyata adanya penyelewengan ADD dan dana bantuan pemerintah lainnya, khususnya di Desa Siwawo tersebut.

Hal hal ini disampaikan langsung oleh masyarakat lokal (tidak menunya) kepada media GEMANTARA.COM Biro Riau untuk selanjutnya mohon dilangsungkan Kepada Pemerintah Nias Utara, POLRI, KPK dan pihak terkait:

Pelaksanaan ADD dan DD Tahun Anggaran 2016 & Tahun Anggaran 2017 di Desa Siwawo Kecamatan Tugala Oyo Kab. Nias Utara, di duga kuat mengandung Indikasi Korupsi sekitar ratusan juta rupiah.

1.Di tahun 2016 Tahap 2, SPJ nya di rekayasa.
Contoh: Pelaksanaan PAUD di wilayah Dusun 2 belum terlaksana sampai sekarang dan sudah di SPJ kan.

2. Di tahun 2016 Pembangunan jembatan ANA’UA yg mencapai nilai Ratusan juta rupiah.

3. Di tahun 2017 Pengadaan Barang Barang Kebutuhan Kantor Desa, belum terlaksana 70% sampai sekarang.
Contohnya: Laptop, Kursi, Tenis meja, dan pembinaan lainnya. Dananya bersumber lebih dari 300juta lebih.

4. Di tahun 2017 Dana Fisik DD, yang sebelumnya belum ada kesepakatan antara masyarakat Desa di Anggarkan untuk Pengaspalan jalan desa, dengan Dana sebesar 812 juta lebih.

Pernyataan Masyarakat dan juga BPD tentang hal ini adalah:

Sebuah. APDes / RAB belum ada sampai sekarang di serahkan kpd BPD bahkan kpd TIM.

b.Papan Informasi (Plank) belum di pasangkan di lokasi kegiatan akan, baru di pasangkan setelah beberapa minggu selesai pekerjaan.

c.Bahan bahan yg di pakai Batu, krikil, pasir ada sekitar 150 Tripan truk dengan harga 1juta per trip. Aspal sekitar 60 Drum dengan harga 1juta lebih per drum. Upah kerja + sewa alat berat kurang lebih 80 juta (hal ini sudah ditandatangani oleh Pemborong dari Kabupaten lain, bukan orang Desa Siwawo).

d.Diperkirakan Dana Fisik yg sudah di Pakai untuk pengaspalan sekitar 400juta.

e.Dana fisik yg 812 juta lebih sisa sekitar 400 juta lagi, belum ada kejelasan nya sama sekali.

5.Hal ini, sangat menuai pertanyaan dan dugaan kuat yang sangat berdasar antara masyarakat dengan Pejabat Desa Siwawo dan persengkongkolan pihak lain, bahkan ini prosesnya tidak tersentuh pengawasan.

Kami utusan masyarakat Desa sangat memohon kepada Bapak Bupati, Dinas PMD, pihak tindak pidana korupsi Kepolisian daerah, KPK dan seluruh jajaran instansi berwewenang Kabupaten Nias utara, media yang kami yakin siap untuk berperan aktif membantu publikasi, karena media adalah mitra dan satu peran sebutan dalam informasi masyarakat, kami sangat mohon dengan segera melakukan investigasi dan langsung, dan melihat fakta yang akurat Dikarnakan  kami masyarakat Desa Siwawo ingin di perhatikan bukan untuk memperhatikan !! kami jauh dari jangkauan perhatian dan pengawasan, karena desa kami jauh di pelosok, mohon media Gemantara.com bantu suara kami dapat di mediasi. tegas salah seorang warga Desa Siwawo yang tidak berlaku bagi Biro Riau Gemantara.com dalam pertemuan singkat di Pekanbaru 23 Januari 2018.

Oleh: Biro prov Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *