DIDUGA PUNGLI KEPALA SEKOLAH TERJADI DI SMP NEGERI 3 TUGALA OYO SEMAKIN MEMPRIHATINKAN

DIDUGA PUNGLI KEPALA SEKOLAH TERJADI DI SMP NEGERI 3 TUGALA OYO SEMAKIN MEMPRIHATINKAN

SMP Negeri 3 Tugala Oyo merupakan salah satu daerah sekolah yang terisolir di sudut kabupaten nias utara kecamatan tugala oyo, yang dibawah kepempinan Yafeti Hia. S.Pd yang baru masuk Awal maret 2018, selama ini kepala sekolah yang baru itu diakui masyarakat setempat karna membawa perubahan disekolah tersebut, salah satunya yaitu pada saat kepala sekolah an.Yafeti Hia, S.Pd berhasil mengurus Dana KIP namun pada saat penarikan dana diambil secara kolektif oleh Kasek karna yang menanda tangani buku rekening adalah Kasek sendiri.

Pada saat pencairan dan berhasil dibagikan oleh Kepala Sekolah melalui salah satu guru tunjukanya tentu hal ini dibanggakan masyarakat, walaupun ada beberapa orangtua yg sangat kecewa pada saat itu dikarenakan ada pemotongan dari dana tersebut mulai dari nominal Rp. 50 ribu sampai kenominal diatas Rp.50 rb/ siswa yang menerima dan bantuan pemerintah tersebut, namun orangtua siswa masih merelakan hal itu karna hal baru yang terjadi saat itu.

Namun lagi_lagi kepala sekolah mengurus data penerma KIP Tahun 2019, al hasil kasek berhasil menarik dana tersebut, tepat pada hari Rabu 28 agustus 2019 pembagian dana KIP tersebut..
Semua orangtua penerima dana datang namun pada saat pembagian tersebut kepada sekolah tidak mengikuti acara itu, setelah arahan dan bimbingan kepada diswa Kepala sekolah langsung pulang..
Namun pada proses pencairan beberapa orangtua sangat kecewa dan bahkan sangat sedih karna lagi-lagi dilakukan pemotongan tersebut, beberapa orang tua menpertanyakan hal itu kepada petugas namun jawaban petugas pembagi dana itu menjawab secara bertele-tele dan menjawab bahwa dia hanya melakukan perintah dan tugas yang diberikan oleh atasanya.

Tentu hal ini diduga kuat bahwa nerupakan pungli yang dilakukan oleh kepala sekolah smp N. 3 Tugala Oyo bahkan ada beberapa lagi yang dianggap dugaan pungli dilakukan oleh Kasek., (vidio,foto dan Rekaman) pada saat itu juga diakhir akhir ini Yafeti Hia, S.Pd sering tidak masuk sekolah dengan alasan sakit namun lucunya kalau ada kegiatan yang berkaitan dengan keuangan kasek tersebut tidak sakit lagi.

Konfirmasi salah satu anggota media Kepada salah satu orangtua siswa melalui via telpon dan membenarkan hal diatas..
Salah satu mantan pengajar disekolah itu An. B Hulu juga pernah mengonfirmasi hal ini kepada Kepala Sekolah, yang juga sebagai sumber konfirmasi media bahwa banyak lagi dugaan pungli yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut, mulai dari pengambilan Dana BT yang dikutip Kepada Siswa serta pembebasan hak dan kewajiban rekan2 guru disekolah itu serta pembagian dana BOS yang tidak beraturan yang dilakukan oleh kepala sekolah tersebut.

Titipan pesan dari beberapa orangtu dan masyarakat setempat kepada bapak Bupati Nias Utara Cq. Dinas Pendidikan Kab. Nias Utara supaya memperhatikan hal ini dengan serius sebelum masuknya laporan kepihak-pihak yang berkaitan dengan hal Pungli.
Sampai saat ini kepala sekolah tersebut sulit untuk dikonfirmasi dan ditemui karna selalu menghindar.

Nias utara.
Jumat 29/08/19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *