Disdik (Nisut) Surati Kasek SD/SMP dan BANK Tentang Pencairan dana PIP

Disdik (Nisut) Surati Kasek SD/SMP dan BANK Tentang Pencairan dana PIP  

GEMANTARA.COM ( Nias Utara) Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara Prov, (Sumut).Menyampaikan Surat Perintah Penanganan PIP ( Progaram Indonesia Pinter) Di seluruh kepala Sekolah dari SD sampai ke tingkat SMP sederajat. Untuk dapat mengikuti petunjuk sebagai mana yang telah di atur dalam juknis dan PIP.Ketegasan ini merupakan hasil pantauan data PIP di lama http://pip. Kemdikbud. go. id, Pogres pengaktifasian PIP di wilayah Kabupaten Nias Utara, sekitar 92% pada tahun 2018.Telah di terima pihak sekolah dan bahkan telah terealisasi Pencairannya di BANK. 

Dengan itu pihak Dinas Pendidikan menyampaikan surat perintah kepada seluruh kepala sekolah, berdasarkan beberapa laporan pengaduan dari baik dari masyarakat maupun dari orangtua didik terhadap penyaluran dana PIP tersebut kepada peserta didik yang selalu bermasalah di karenakan kebijakan yang di lakukan oleh kepala sekolah yang tidak mematuhi petujuk dan PIP.

Marison zalukhu Kabid Dikdas pada saat di temui awak media ini, di ruangannya Rabu,(29/05/2019) terkait permasalahan dana PIP, yang sedang hangat hangatnya pembicaraan di kalangan publik melalui medsos dimana ada beberapa sekolah yang sedang di tangani oleh insepektorat baru baru ini. Kabid Dikdas membenarkan hal itu. Ianya membenarkan bahwa salah satu sekolah SMP Negeri 1 Lahewa Timur telah menerima laporan masyarakat dan saat ini sedang di lakukan proses penanganan masalah tersebut Oleh Inspektorat terkait dan PIP 2018. Bahwa kasek belum mendistribusikan kepada peserta penerima sampai saat ini pada hal sudah di lakukan pencairan di Bank pada akhir tahun 2018″ungkapnya”

Lanjut Marison zalukhu, dengan dasar itu Disdik Nisut menyurati seluruh kepala sekolah SD/SMP Negeri / swasta Sekabupaten Nias utara. Pada tanggal 28/08/2019. Nomor: 422/2442 – Dikdas/Disdik 2019.Perihal : Perintah penanganan PIP,

1.Di perintahkan kepala sekolah agar mengikuti petujuk sebagai berikut:

  a. Bagi peserta didik yang dapat menjangkau BANK dapat mengambil langsung dana PIP dan kepala sekolah wajib memediasi atau mefasilitasi proses pencairan di BANK yang di hunjuk oleh Kemdisbud.

  b. Bagi peserta didik yang tidak dapat menjangkau BANK dapat di ambil dana PIPnya, oleh kepala sekolah sesuai dengan prosedur dan di wajibkan kepala sekolahnya mendistribusikan paling lama (5) hari setelah di lakukan pencairan di BANK. 

  c. Di harapakan kepala sekolahnya, agar menyampaikan laporan pendistribusian dana PIP baik yang di ambil oleh kepala sekolah maupun yang di ambil siswa secara langsung di BANK. Paling lambat (15) hari setelah pencairan. 

2. Apa bila tidak mengindakkan perintah di atas maka segala konsekuensi Hukumnya akan menjadi tanggung jawab kepala sekolah dengan sepenuhnya. “Tuturnya”

Menurutnya selama ini,  pihak kepala sekolah sengaja tidak menghiraukan aturan sehingga kebijakan yang di ambil di berbagai sekolah,telah menyalahi petujuk.Sehingga menjadi permasalahan atau mengarah ke pidana.Akibat kebijakan terlalu mengarah pada kempentingan pribadi tanpa memikirkan resiko. Ia menyebutkan jika kepala sekolahnya ada Niat baiknya,maka tidak terjadi permasalahan artinya begitu di lakukan pencairan langsung di bayarkan kepada peserta penerima,sekalipun orangtua siswa telah memberikan kewenangan sepenuhnya kepada kasekk untuk mewakili siswa ke Bank.

      Dalam hal seperti itu harus kasek mempertimbangkan sebelumnya apakah  dapat di jangkau maka di arahkan untuk  mencairkan langsung oleh peserta siswa.Jikalau jarak jauhnya tidak di mungkinkan atau mengeluarkan biaya besar dari orangtua siswa maka pihak kepala sekolah seharusnya mengundang pihak Komite sekolah dan orangtua untuk membicarakan bagaimana solusi yang baik.

       Surat ini sudah di sampaikan ke pihak BANK agar ada kerja sama dan koordinasi dengan Disdik sebelum delakukan proses pencairan secara langsung oleh kepala sekolah.Untuk menghindari hal hal pelanggaran hukum ” harapnya”( Febeanus zalukhu) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *