Dispar Pangkalpinang Gelar Pelatihan Tata Kelola Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

Gemantara.com,Pangkalpinang Babel – Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang melalui Bidang Destinasi Pariwisata dan Industri Pariwisata menggelar pelatihan tata kelola, bisnis dan pemasaran destinasi pariwisata Kota Pangkalpinang, di Hotel Bangka City, Selasa (14/9/2021).

Pelatihan dilaksanakan untuk mendukung pengembangan kepariwisataan yang memerlukan pengelolaan destinasi berstruktur dan sinergis, yang mencakup fungsi koordinasi, perencanaan, implementasi dan pengendalian organisasi destinasi secara inovatif dan sistematik.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata dan Industri Pariwisata, Dwidy Sutiasmi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas serta pelayanan kepariwisataan dengan memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat.

“Untuk meningkatkan kepariwisataan, peran masyarakat di daerah tujuan wisata perlu ditingkatkan, sesuai kebutuhan masyarakat. Sehingga masyarakat memiliki kemampuan untuk mengelola potensi dan mengembangkan atraksi wisata di kawasan mereka,” kata Dwidy

Di samping itu peran media sosial berbasis digitalisasi sangat membantu dalam mempromosikan daya tarik wisata dan produk usaha penunjang sektor pariwisata yang telah dikelola dengan baik sehingga para pengunjung tertarik untuk berwisata.

Kegiatan pelatihan berlangsung selama tiga hari pada 14-16 September bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler non fisik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI ini membagi tahapan pelatihan ke dalam tahap teori, praktik dan visitasi.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suryo Kusbandoro
mewakili wali kota dan diikuti oleh peserta yang berasal dari pengelola tempat wisata, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), lembaga wisata (Genpi, HPI) serta Duta Pariwisata Kota Pangkalpinang.
(DyT – Zainal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *