GUBSU Edy Rahmayadi” Segera Evaluasi Kinerja Kepala UPTJJ Gunungsitoli

GUBSU Edy Rahmayadi” Segera Evaluasi Kinerja Kepala UPTJJ Gunungsitoli

GEMANTARA.COM ( Kepni) Gubernur Sumatera Utara Edy rahmayadi di minta segera mengevaluasi Kinerja Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Jalan dan Jembatan (UPTJJ) Gunungsitoli, Equator Jaya Daeli, bila perlu di copot dari jabatannya. Karena di anggap tidak mampu menjalankan tugas Pokok dan Visi – Misi Pemerintahan saat ini. 

Terbukti dalam beberapa minggu terakhir Bina marga UPDJJ Gunungsitoli, menjadi sorotan di sejumlah media Sosial / LSM dan Ormas yang ada di Kepulauan Nias. Menjadi bahan pembicaraan baik dikalangan masyarakat umum maupun di kalangan Pemerhati Pembangunan.

Pasalnya, beberapa ruas Jalan Provinsi di Wilayah Kepulauan Nias banyak yang tidak terawat dan terpelihara, padahal Dana pemeliharaan ruas jalan tersebut telah dianggarkan di dalam APBD Provinsi Sumut setiap Tahunnya. 

Berita sebelumnya, menurut informasi yang berhasil dihimpun dari salah seorang Staf UPTJJ Gunungsitoli yang tidak mau menyebutkan identitasnya, menuturkan bahwa untuk tahun 2018, puluhan miliar telah dianggarkan dalam pemeliharaan ruas Jalan Provinsi di Wilayah Kepulauan Nias.

Pantauan Gemantaran.Com dibeberapa ruas Jalan Provinsi khususnya diwilayah Kabupaten Nias Utara seperti di Lintas Sawo – Lotu, Lahewa – Afulu, dan Kabupaten Nias barat dan Nias Selatan terdapat banyak jalan yang telah berlobang dan mirip Kubangan Kerbau bila hujan turun dan mengenangi jalan tersebut.

Selain itu, menuai komentar pedas dari beberapa netizen melalui Sosial Media (Sosmed) Facebook dengan melontarkan kritikan yang berbunyi, jalan yang berlobang tersebut sengaja tidak diperbaiki untuk dijadikan “Kolam Ikan“, dimana pada saat hujan, jalan berlobang tersebut digenagi air hujan hingga berhari – hari lamanya.

Menyingkapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Jurnalis Hukum (AJH) Nias Utara, Yason Harefa, menilai bahwa Equator Jaya Daeli sebagai Kepala UPTJJ Gunungsitoli tidak mampu menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya sebagai Kepala UPTJJ Gunungsitoli.

Ia juga diduga sengaja membiarkan ruas Jalan Provinsi di Kepulauan Nias rusak parah dan tidak ada pemeliharaan. Patut di duga anggaran pemeliharaan ruas jalan tersebut telah di Selewengkan oknum – oknum tertentu.

“Oleh karena itu, kita minta Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) segera mencopot  Equator Jaya Daeli dari jabatannya sebagai Kepala UPTJJ Gunungsitoli dimana kinerjanya selama ini tidak dapat menjalankan program Pemprov Sumut khususnya di Dinas Bina Marga Prov. Sumut,” ucap Yason Harefa kepada Kru media di Lotu, kamis (27/6/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD GENENTARA RAYA dan Media Grup FKM2Polri Gemantara.com.Kepulauan Nias, Febeanus Zalukhu, mengatakan kondisi Jalan Provinsi di Wilayah Kepulauan Nias kini sangat memprihatinkan. Bila hal ini terus dibiarkan, maka satu tahun kedepan, jalan Provinsi di Kepulauan Nias ini tidak dapat dilintasi kendaraan lagi.Kinerja Kepala UPTJJ Gunungsitoli patut dipertanyakan, ” sebutnya.

Febeanus Zalukhu berharap kepada Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Sumut agar segera mengevaluasi kinerja Kepala UPTJJ Gunungsitoli. Kita juga meminta kepada Gubernur Sumut untuk segera mengambil tindakan tegas untuk segera mencopot Equator Jaya Daeli dari jabatannya, dan di gantikan oleh orang yang mampu untuk menjalan kan tugas dan tanggungjawabnya, agar jalan Provinsi di wilayah Kepulauan Nias dapat terawat dan terpelihara kembali, ungkap Febeanus Zalukhu kepada Wartawan di Lotu. (Martinus zal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *