Kadisdik (Nisut) Penerima Tunjangan Guru Daerah Terpencil Berdasarkan Profil Desa

Kadisdik (Nisut) Penerima Tunjangan Guru Daerah Terpencil Berdasarkan Profil Desa.

GEMANTARA RAYA.COM ( Nias Utata) Yang menentukan penerimaan Tunjangan Guru Daerah Terpancil (TGDT) adalah berdasarkan profil Desa.Hal ini hasil Konfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga,Kabupate Nias Utara Prov, Sumut. Zul makmur Telaumbanua di kantornya (29/05/2019) Ketika awak Media – Red. Konfirmasi Terkait dengan adanya beberapa Sekolah lagi di wilayah Kab,Nias Utara, yang belum mendapatkan atau menerima sama sekali Tunjangan Guru Daerah Terpencil (TGDT).

Zul makmur Telaumbanua, sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan olah raga.Menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa memberikan satu pengharapan atau usul tentang hal itu,karena Progaram itu adalah Kementrian Pendidikan pusat. Kalau pihaknya hanya untuk mefasilitasi saja ” jelasnya”

Menurutnya untuk persyaratan penerima (TGDT) Tunjangan Guru Daerah terpencil, adalah Berdasarkan Profil Desa yang sudah di sampaikan oleh Desa ke pihak Kementrian desa tertinggal.Sehingga Kementrian Pendidikan dengan Kementrian desa selalu koordinasi tanpa di libatkan pihak Dinas Pendidikan Daerah.Dengan dasar itulah kedua Kementrian tersebut yang menetapkan sekolah mana saja yang menerimanya.”Ungkapnya”

Ia menyampaikan suatu Saran adalah di harapkan kepada pihak Para Kades dalam Pembuatan profil Desa itu, agar  benar benar menyesuaikan dengan kondisi yang ada saat ini.Karena di setiap wilayah desa pasti ada dusun yang sangat tersolir atau tidak dapat di lalui kendaraan roda dan apa lagi roda empat. Artinya mungkin pada saat Pembuatan Profil Desa tanpa mempertimbangkan atau hanya sebatas jalan lintas desa, Sepertinya adalah Di buat Profil Desa hanya sebatas Desa Tertinggal atau Desa Terpencil.Maka saya sarankan para Kades segera di Ganti Profil dari desa tertinggal menjadi desa yang sangat tertinggal dan atau profil desa terpencil Ganti menjadi Desa yang sangat Terpencil.Karena itu dasar persyaratan untuk mendapat Tunjangan Guru daerah terpencil adalah desa yang sangat Tertinggal” Harapnya ”

Menurut kabid program yang mendampingi kadisdik saat itu, menjelaskan bahwa hal ini sudah pernah di usulkan kepihak Kementrian Pendidikan agar di tambahkan penerima TGDT bagi sekolah yang sangat tersolir. Namun apa jawaban yang di dapat dari Kementrian pendidikan adalah tidak dapat menambahkan penerima karena mekanismenya atau aturan yang ada tentang itu adalah tetap berpedoman pada profil desa dari Kementrian desa tertinggal.(imbuhnya)

Tambahnya bahwa kita kan sudah mengetahui di mana saja lokasi sekolah yang layak menerima tunjangan tersebut. Namun kami tidak bisa buat apa apa. Terkecualian para kades merubah profil desanya, Kami sudah memperhatikan bagi desa yang sudah merubah profil desa dari tahun 2017 sehingga pada tahun  2019 ini, mereka menerima TGDT tersebut, tanpa kami menyampaikan usul.Makanya kami sarankan kepada kades dan camat agar segera merubah profil Desa

 sebagaimana kondisi wilayah desanya.(Febeanus zalukhu)   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *