Kadiskominfo Pangkalpinang Jadi Narasumber Pelatihan Digital Enterpreneur Academy

Gemantara.com,Pangkalpinang Babel – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang Sarbini menjadi narasumber pelatihan Digital Entrepreneur Academy ( DEA) memulai wirausaha digital yang diikuti puluhan peserta di Swiss-bel Hotel, Kamis (18/11/2021).

Sarbini mengatakan tugas pokok bidang komunikasi dan informatika berdasarkan asas desentralisasi dan tugas pembantuan melaksanakan perumusan kebijakan teknis, koordinasi, pembinaan dan penyelenggaraan urusan pemerintahan. Tugas fungsi berupa perumusan kebijakan teknis bidang komunikasi dan informatika, penetapan rencana strategis dinas untuk mendukung visi dan misi Kota Pangkalpinang dan kebijakan wali kota, pemberian dukungan atas penyelenggaraan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Dia menjelaskan pelaksanaan perencanaan bidang komunikasi dan informatika, pengkoordinasian dan pelaksanaan komunikasi dan informatika di lingkungan kota termasuk dukungan dana, saranan dan prasarana. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan wali kota sesuai dengan bidang tugasnya.

Infrastruktur TIK Kota Pangkalpinang meliputi penggunaan ruang server terpadu bertujuan meningkatkan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya TIK (Server, Jaringan dan Aplikasi) serta penggunaan jaringan intra pemerintah bertujuan untuk menjaga keamanan dalam melakukan pengiriman data dan informasi antar Instansi lingkup Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Aplikasi di Kota Pangkalpinang terbagi menjadi dua macam yakni aplikasi umum dan aplikasi khusus.
Aplikasi umum berupa SIPD (Sitem Informasi Pemerintah Daerah), SPSE (Sistem Pengadaan Secara Elektronik), dan SP4N ( Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Nasional ),” papar Sarbini.

Sedangkan aplikasi khusus berupa e-Smile (Sistem Informasi Kepegawaian), e-Kinerja, SIMDA Keuangan, SIMDA BMD (Barang Milik Daerah), Sistem Informasi Pajak Daerah, SIMDA Pra-RKA, Aplikasi Pengelolaan dan Gaji Pegawai Harian Lepas (PHL), e-Learning Pendidikan, Sistem Informasi Sekolah, ADISTI (Aplikasi Data Terintegrasi), SIMDARATEL (Sistem Informasi Pendataan Menara Telekomunikasi), SENYUM (Semua Bise Nyari Informasi Umum) dan lainnya.

“Bahkan rencana pengembangan TIK Kota Pangkalpinang yaitu rencana Induk SPBE, jaringan infra pemerintah, SDM, TIK, aplikasi terintegrasi, sistem penghubung, dan keamanan sumber daya TIK serta tentunya kami ada website yang bisa dikunjungi www.pangkalpinangkota.go.id,” tuturnya.
(Zainal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *