Kapal Tongkang Diduga Bongkar Muat Pasir Zirkon Diam Diam Dipelabuhan Desa Air Anyir

Gemantara.com,Bangka Belitung – Kapal tugboat penarik tongkang Ocean II yang berangkat dari pelabuhan Tanjungpandan Kabupaten Belitung menuju pelabuhan khusus Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, diduga memuat barang curah mineral ikutan (pasir zirkon) tanpa pengawasan dari pihak Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas VI Pangkal Balam, Provinsi Bangka Belitung.

Pada hari Kamis 30/5/2019 lalu di Jembatan Batu Rusa 2 Selindung sebelah hulu,tampak terlihat jelas kapal tongkang yang berlabuh tersebut tengah memuat bahan curah mineral ikutan (pasir zirkon) menggunakan mobil dump truk.

Kepala KSOP Pangkal Balam Kelas VI Pangkal Balam, Izuar, Jumat 31/5/2019 lalu ketika dimintai keterangan oleh awak media di ruang kerjanya mengaku kaget kapal tongkang itu melakukan aktivitas pengisian bongkar muat tanpa sepengetahuan pihaknya.

“Seharusnya kapal itu berlabuh izin atau pemberitahuan terlebih dahulu,setelah ada baru boleh melakukan aktivitas bongkar muat karena itu harus dalam pengawasan kita,” ungkap Izuar.

“Kapal tongkang tersebut berangkat dari pelabuhan khusus Desa Air Anyir kemudian dilanjutkan menuju ke pelabuhan Kumai,Kalimantan,” tutup Izuar.

(GUNs”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *