Kementrian Perikanan Sosialisasi Melalui (LPMUKP) Di Kelompok Putra Pantai Utara.

Kementrian Perikanan Sosialisasi Melalui (LPMUKP) Di Kelompok Putra Pantai Utara. 

Gemantara Raya.Com (Nias Utara) Sosialisasi Yang di fasilitasi oleh Dinas perikanan Kabupaten Nias Utara. Bersama dengan kementrian kelautan dan perikanan Dari Pusat (27/05/).Sosialisasi ini merupakan Program Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) di bawah Naungan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP)  Republik Indonesia.

      Kadis Perikanan Kabupaten Nias Utara,Sabar Jaya Telaumbanua, dalam bimbingan dan Arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya Program Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Dan tujuannya adalah supaya dapat bermanfaat bagi segenap para Nelayan dan pelaku usaha Perikanan. Dan serta manfaatnya adalah, untuk mengembangkan Usaha para anggota kelompok Nelayan khususnya kelompok Usaha Bersama (KUB) Putra Pantai Utara.”jelas kadis”

Mewakili pendamping lembaga pengelola modal usaha kelautan dan perikanan (LPMUKP).Septinus Mendrofa pada penjabarannya mengatakan memberi suatu Modal Usaha berupa pinjaman dana, dengan cara bergulir bagi kelompok/koperasi pelaku Usaha perikanan seperti kelompok Nelayan (KUB) Pembudidaya ikan (POKDAKAN) pengelola dan pemasaran ikan (POKlAHSAR)  dan juga penambah garam yang bertujuan supaya pelaku Usaha perikanan tidak susah untuk mendapatkan tambahan modal dalam mengembangkan usaha dana bergulir ini nantinya, dan akan disalurkan kepada kelompok dan kemudian kelompok akan mengembalikan ke (LPMUKP) secara cicilan dengan bunga 3 persen pertahun.

 Mewakili anggota kelompok bersama(KUB) Putra Pantai Utara An. Serius Jaya Nazara (Sekretaris) pada kata sambutannya menyatakan, bahwa mereka  sangat berterimakasih kepada pemerintah pusat melalui kementrian kelautan dan perikanan (KKP) dan juga kepada kadis perikanan kabupaten Nias Utara, yang telah mefasilitasi kegiatan ini, dan begitu juga kepada pendamping dari Lembaga Permodalan Usaha Perikanan dan Penyuluh yang telah mendampingi kami para Nelayan dan pelaku Usaha Perikanan khususnya kelompok Usaha Bersama (KUB) Putra Pantai Utara (PPU) dalam permodalan ini secara bergulir.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa baru  saat ini pada pemerintahan Presiden Joko widodo dan saat menjabat Susi Pudjasuti, kami mendapatkan himbauan dan sosialisai seperti ini dan juga hanya saat mejabat kadis perikanan Sabar Jaya Telaumbanua kami para Nelayan Kelompok Usaha Bersama Putra Pantai Utara cara mendapatkan permodalan serta di beri pencerahan berupa Sosialisasi ” tuturnya.”

Dalam acara sosialisasi itu turut hadiri KABAG.perekonomian kabupaten Nias utara Yuniman Nazara ,para penyuluh perikanan kab. Nias utara.Resman zalukhu,Romawati Gulo dan jajaran penyuluh lainnya,dan segenap anggota kelompok usaha bersama (KUB)  Putra Pantai Utara,tokoh masyarakat, pemerintah desa Sihene’asi yang di wakili kepala Dusun II Hadirat Syukurman Gea. (El, /Tim) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *