KESBANGPOL Kota Gunungsitoli Sosialisasikan UU No. 16 Tahun 2017

KESBANGPOL Kota Gunungsitoli Sosialisasikan UU No. 16 Tahun 2017

Gunungsitoli, Gemantara.com Kesbangpol Kota Gunungsitoli Melaksanakan Sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan se Kota Gunungsitoli (24/7). Pada kegiatan ini dihadirin oleh Ir. Lakhomizaro Zebua (Walikota Gunungsitoli), Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli Abdul Majid, Kapten Inf. Yus Waruwu/ Danramil 01 Gunungsitoli mewakili Dandim 0213 Nias, Ipda Yafao Niasman Lase mewakili Kapolres Nias, Asisten Sekda Kota Gunungsitoli, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Kota Gunungsitoli, seluruh Ketua Ormas, OKP dan LSM se Kota Gunungsitoli dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kota Gunungsitoli yang dilaksanakan di Aula Lt. II Kantor Walikota Gunungsitoli.

Walikota Gunungsitoli secara resmi membuka kegiatan sosialisasi pembinaan ormas ini, dan dalam arahannya menyampaikan bahwa seluruh Organisasi Kemasyarakatan, LSM dan OKP mengajak untuk memahami keadaan yang terjadi saat ini yaitu pembangunan yang telah terlaksana dan yang masih dalam proses pelaksanaan pembangunan dimana begitu banyak kendala, gangguan dan tantangan yang dihadapi oleh pemerintahan Kota Gunungsitoli, oleh karena itu Walikota meminta kepada semua Ormas, OKP dan LSM untuk membantu dalam memberikan informasi-informasi yang positif kepada masyarakat Kota Gunungsitoli sehingga semua program-program pemerintahan Kota Gunungsitoli bisa terlaksana dengan baik dan tentunya dalam waktu tinggal 2 tahun lagi saya akan terus fokus…fokus…fokus dan fokus untuk menyelesaikan program yang ada, tutur Walikota Gunungsitoli

Pada akhir sambutannya Walikota Gunungsitoli meminta kepada seluruh Ormas, OKP dan LSM serta seluruh peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, pesannya.

Narasumber / Penyaji materi dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan oleh Ipda Yafao Niasman Lase mewakili Kapolres Nias menyampaikan Sosialisasi Undang-Undang No. 16 Tahun 2017 tentang penetapan PERPPU No. 2 Tahun 2017, tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 17 Tahun 2013 Tentang Organisasi Kemasyarakatan Menjadi Undang-Undang.

Pada pelaksanaan sosialisasi ini akan disampaikan beberapa hal meliputi antara lain : Latar belakang terbitnya UU No. 16 tahun 2017, Pengertian Ormas, Asas, Ciri dan Sifat Ormas, Tujuan, Fungsi dan Ruang Lingkup Ormas, Pendaftaran Ormas, Hak dan Kewajiban Ormas, Larangan dan Sanksi.

Materi kedua disampaikan oleh Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli Abdul Majid mewakili Sekda Kota Gunungsitoli menjelaskan tentang Peran dan Sinergitas Ormas Terhadap Kemajuan Pembangunan Kota Gunungsitoli yaitu berperan sebagai entrepreneur kebijakan yang mewakili dan meningkatkan isu-isu tertentu untuk menjadi perhatian dalam suatu proses kebijakan, Berperan sebagai kontributor dalam proses implementasi kebijakan dan penyediaan layanan publik, menjadi penyedia utama informasi publik, pendidikan, motivasi dan perhatian terhadap isu-isu seperti perdagangan internasional, pangan berkelanjutan dan energi terbarukan.

Selanjutnya beliau menyampaikan Fungsi Ormas terutama dalam pembangunan antara lain ; Sebagai organisasi yang mengelola aspirasi masyarakat, sebagai organisasi yang mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagai organisasi yang mendukung dan melaksanakan program pembangunan, sebagai organisasi yang mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan, sebagai organisasi yang mengawasi proses pembangunan, turut aktif memelihara ketertiban dan keamanan, dan sebagai organisasi yang mengembangkan keahlian masyarakat, tutur Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *