KJA” Bantuan Kepada Kelompok Nelayan Cahaya Lafau,Tidak Bermanfaat

KJA” Bantuan Kepada Kelompok Nelayan Cahaya Lafau,Tidak Bermanfaat

GEMANTARA.COM (NIAS UTARA) Kramba Jaring Apung (KJA) Bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Nias Utara,propinsi( Sumut) yang di berikan kepada kelompok nelayan ” CAHAYA LAFAU” di desa sihene’asi kec.lahewa Kab Nisut,sudah hampir 3 tahun hingga sa’at ini tidak di fungsikan sebagai mana yang di harapkan oleh kelompok.

Menurut  hasil konfirmasi beberapa kelompok pada sabtu, (11/05) di lokasi menyebutkan.Terhitung dari pertama di operasikan,kramba tersebut sedikitpun tidak menghasilkan.

Yang ada hanya merugikan anggota kelompok tersebut.”Imbuhnya”

Menurut pengakuan salah satu anggota yang telah mengundurkan diri secara tertulis, sebagai anggota kelompok tersebut, An.Trisman gea. Yang bertugas sebagai jaga malam di kramba tersebut,menjelaskan bahwa 

Pemberian bibit pertama,

Telah bekerja selama 6 bulan hingga sampai panen,setelah mengadakan pembagian hasil,hanya mendapatkan 15,kg per orang anggota kelompok hal ini sungguh tidak memuaskan.Atau merugikan secaya pribadi.” Kesalnya”

Tambahnya Gagalnya hasil panen menurut salah satu anggota tersebut Trisman Gea, besar kemungkinan karna pakan yang tidak sesuai dengan ukuran bibit yg masih sangat kecil.

Sementara pakan yang disediakan adalah,ikan ikan dari hasil tangkapan nelayan,sehingga bibit tersebut banyak mati karna tak sanggup mencerna.

Hal ini seharusnya pihak dinas terkait hendaknya memperhatikan nasip kramba tersebut kedepan,dengan meninjau keadaan kelompok tersebut apa masih aktif atau tidak sama sekali.

Dengan ini kramba tersebut bisa di alihkan kepada kelompok lain yang dinilai bisa memanfa’atkan dengan baik,agar bantuan pemerintah yang di salurkan dinas perikanan Kabupaten Nias Utara kepada tiap tiap kelompok tidak sia sia dan bermanfa’at dengan baik.Trisman berharap supaya Dinas perikanan dapat melakukan pemahaman atau sosialisasi kepada kelompok nelayan cahaya Lafau agar dapat di pahami dan melaksanakan tata cara penggunaan Kramba Jaring Apung.Berita ini di terbitkan masih belum konfirmasi ke dinas terkait.Bersambung (T.002)

        

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *