LPK-LI Bangka Belitung Siap Meningkatkan Pengawasan Barang Dan Jasa

Pangkalpinang, gemantara.com – Lembaga Perlindungan Konsumen Lembakum Indonesia Propinsi Bangka Belitung ( LPK-LI Babel) siap meningkatkan kualitas dan manfaat dalam pengawasan Produk barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat/ Konsumen Nasional terutama masyarakat/ Konsumen dipropinsi Bangka Belitung.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Restu Palgunadi selaku Kepala Pimpinan Koordinator Wilayah Provinsi Babel saat ditemui awak media nasional gemantara.com saat berbincang dengan Direktur Bela Negara Lembakum Indonesia Advokat A.Yani Firdaus.SH.MH di Lobby Hotel Cordela Pangkalpinang, Selasa (22/1/2019) malam.

Dengan kehadirannya Direktur Bela Negara Lembakum Indonesia di Pangkalpinang dimanfaatkan oleh Restu Palgunadi sebagai Kapimkorwil LPK-LI Provinsi Bangka Belitung, untuk memberikan Motivasi guna meningkatkan integtitas, Kwalitas dan profesionalitas Personil-nya didalam Pengawasan Produk Barang dan Jasa terhadap konsumen di Provinsi Bangka Belitung.

Restu Palgunadi sebagai kapimkorwil lpk-li bangka belitung juga menyampaikan bahwasannya keberadaan Lembaga Perlindungan Konsumen Lembakum Indonesia Bangka-Belitung (LPK-LI BABEL) harus bisa meningkatkan kualitas dan manfaat dalam pengawasan Produk barang dan jasa bagi kepentingan masyarakat/Konsumen Nasional terutama masyarakat/ Konsumen dipropinsi bangka belitung.

” Jika tidak bisa melakukan hal itu,maka apa yang diupayakan pemerintah ini akan menjadi sia-sia.Lembaga Perlindungan Konsumen Lembakum Indonesia mengacu pada UU No.8 tahun 1999 Pasal 44 ; Ayat (1) Pemerintah Mengakui Lembaga perlindungan Konsumen yang memenuhi syarat Ayat ( 2 ) Lembaga perlindungan Konsumen dapat berperan aktif dalam perlindungan konsumen dengan pembentukan LPK-LI harus dan tidak bisa tidak meningkatkan kualitas dan manfaatkan pengawasan terhadap hak dan perlindungan konsumen bagi kepentingan masyarakat pada khususnya ditujukan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor Poduk dan Jasa dapat terselenggara secara teratur,adil,transparan dan akuntabel”, Ungkapnya.

Lebih lanjut Restu Palgunadi pun mengatakan bahwa LPK-LI diharapkan mampu untuk melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Ini dilakukan melalui sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor Perlindungan Konsumen.Dalam melaksanakan tugas Perlindungan Konsumen,LPK-LI mempunyai sejumlah tugas disebutkan dalam pasal 44 ayat (3) antara lain :

a.Menyebarkan informasi dalam rangkameningkatkan kesadaran atas hakdan kewajiban dan kehati¬hatian konsumen dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa

b.memberikan nasihat kepada konsumen yang memerlukannya

c.bekerja sama dengan instansi terkait dalam upaya mewujudkan perlindungan konsumen

d.membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya,termasuk menerima keluhan atau pengduan konsumen

e.melakukan pengawasan bersama pemerintah dan masyarakat terhadap pelaksanaan perlindungan konsumen.
Ketentuan lebih lanjut mengenai tugas lembaga perlindungan konsumen lembakum indonesia sebagaimana dimaksud pada ayat ( 3 ) diatur dalam peraturan pemerintah.

” Untuk mewujudkan perlindungan konsumen diharapkan dukungan masyarakat dan pemerintah untuk menjalankan fungsi perlindungan konsumen sebagai dasar untuk menuju Indonesia agar lebih baik dan maju didalam maupun diluar negeri. (wisnu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *