Marinus Gea, SE, M.Ak Terpilih Kembali Menjadi Ketua Umum HIMNI Periode 2019-2023

Marinus Gea, SE, M.Ak Terpilih Kembali Menjadi Ketua Umum HIMNI Periode 2019-2023

Bogor, Gemantara.com, Melalui Musyawarah Nasional V Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Menuju Nias Pulau Impian “Dengan semangat bersatu kita bisa, Munas HIMNI V mendorong Kepulauan Nias menjadi gerbang wisata dunia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat”, yang digelar di The Forest Green Hotel Bogor 23-25 Agustus 2019, Akhirnya secara resmi Marinus Gea, SE, M.Ak terpilih kembali menjadi Ketua Umum HIMNI periode 2019-2023.

Sesuai dengan amanat AD/ART HIMNI, pasal 3 ayat 2 butir a, bahwa untuk melaksanakan musyawarah dan mufakat sebagai bentuk demokrasi maka pimpinan sidang memberikan kesempatan kepada 3 (tiga) orang Calon Ketua Umum HIMNI periode 2019-2023 yaitu :
1. Marinus Gea, SE, M.Ak
2. Ir. Mardin Zendrato
3. Etika Halawa

Dalam proses penetapan dan pemilihan Calon Ketua Umum HIMNI periode 2019-2023 sedikit terjadi perdebatan alot antara perwakilan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) menyangkut dinamika pemilihan yang akan dilaksanakan. Ada yang mengusulkan melakukan pemilihan secara aklamasi melalui voting dan ada juga yang mengusulkan untuk melakukan secara tertutup.

Namun Calon Ketua Umum HIMNI Ir. Mardin Zendrato dan Etika Halawa mengambil sikap untuk menyatakan mundur sebagai Calon Ketua Umum HIMNI Periode 2019-2023 pada Munas HIMNI V. Karena menurut mereka sikap yang diambil adalah sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan terhadap kemajuan HIMNI dimasa yang akan datang.

Berhubung karena tinggal 1 orang lagi Calon Ketua Umum HIMNI yaitu Marinus Gea, SE, M.Ak belum menyatakan sikap untuk mundur, maka secara aklamasi para peserta Munas dari keseluruhan 24 Dewan Pimpinan Daerah HIMNI menetapkan Marinus Gea sebagai Ketua Umum HIMNI periode 2019-2023. Beliau juga merupakan Anggota DPR RI / Caleg DPR RI terpilih 2019-2024. Dan penetapan ini langsung disahkan melalui pembacaan Surat Keputusan yang ditandatangani oleh Pimpinan Sidang dan disaksikan oleh seluruh peserta Munas V.

Marinus Gea dalam sambutannya saat acara pembukaan munas, Jumat (23/8/2019), Marinus Gea menyinggung tentang potensi kelautan Kepulauan Nias yang harus digarap secara serius.

“Keunggulan Kepulauan Nias selain pariwisata adalah Perikanan. Oleh karenanya sudah sepantasnya Pemerintah Daerah se-Kepulauan Nias dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sesegera mungkin membuat grand design dan roadmap pembangunan sumber daya perikanan,” ucap Marinus.

Ditambahkannya, dalam perspektif yang lebih luas potensi kelautan Nias tidak terbatas pada sumber daya perikanan, tetapi lebih dari itu dapat menjadi potensi “ekonomi maritim” yang di dalamnya ada kombinasi sumber daya perikanan, pariwisata bahari, sumber daya alam (mineral, minyak dan gas bumi), lalu lintas laut (perdagangan) dan sumber daya pertahanan laut, ” tuturnya.

Dengan demikian, Marinus Gea, SE., M.Ak., sah menjadi Ketua Umum HIMNI periode 2019-2023, sekaligus menjadi Ketua Tim Formatur pembentukan DPP HIMNI periode 2019-2023. (S.Gea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *