Masyarakat Dukung Kegiatan Dana Silfa 2018 Desa Sifaoroasi Di Lanjutkan Tahun 2019

Masyarakat Dukung Kegiatan Dana Silfa 2018 Desa Sifaoroasi Di Lanjutkan Tahun 2019

Gemantara.Com (Lahewa) Kegiatan ini sebenarnya telah selesai dikerjakan pada akhir Desember tahun 2018. Namun dengan tidak dapat tercapai pencairan dananya, maka dijadikan sebagai Dana Silfa Sebesar Rp. 402.363.200. Sesuai dengan Surat Edaran dari Dinas PMD Kabupaten Nias Utara  Kepada seluruh Camat se Nias Utara pada bulan Februari 2019. Dimana dalam surat Edaran tersebut disampaikan kepada para camat agar menyampaikan kepada kepala Desa di wilayahnya masing-masing supaya kegiatan dana desa yang tidak dapat terealisasi pada 31 Desember 2018 tidak dapat lagi dilanjutkan kegiatan maupun penarikan Dana Desa. Pada intinya bagi Desa yang masih ada dana di kas Desa segera mengembalikan kekas daerah, dan itu akan dilanjutkan setelah dibuat perubahan dan penetapan APBDES  2018 sebagai Silfa Dana Desa (DDS)  atau penetapan APBDES 2019.

Menurut pantauan kru media Gemantara.Com Kep. Nias dilokasi terlihat masyarakat sedang berlangsung melakukan kegiatan sebagai dukungan dari masyarakat. Kegiatan ini yang sedang berjalan adalah Silfa Dana Desa 2018 yang diarahkan pada pengaspalan jalan Dusun III menuju Dusun IV Desa Sifaoroasi Kecamatan Lahewa Kab Nias Utara.(Sumut) sabtu (28/07/2019).

Ketika dikonfirmasi Kepala Desa Sifaoroasi An. Atiaro Zalukhu dilokasi kegiatan menyampaikan kepada media Gemantara.com. Kegiatan ini adalah Dana Silfa 2018 dan setelah terlaksana kegiatan dan dapat dipertanggung jawabkan Dana Silfanya barulah kita melanjutkan kegiatan Dana Desa 2019.

Lanjut Kades dari anggaran silfa yang bersumber dari Dana Desa 2018 sebesar Rp. 402.363.200, memang sudah sesuai dengan APBDES 2018. Bahwa diarahkan pada pengaspalan jalan dari simpang SDN Sifaoroasi Dusun III menuju Dusun IV. Dengan Volume 3,00 m X 422 m. Dan akan kita lanjutkan lagi pada kegiatan Dana Desa 2019 lokasi yang sama karena jalan ini termasuk akses jalan satu-satunya masyarakat Desa Sifaoroasi. Harapan Kades supaya lapisan masyarakat Desa Sifaoroasi dapat memberikan dukungan dan saran yang bersifat membangun demi berjalannya kegiatan Dana Desa pada tahun ketahun selalu diluncurkan oleh Pemerintah “terang Kades”

Abimeri Zalukhu alias ama Wira salah satu tokoh masyarakat yang ada dilokasi kru media ini mencoba mengambil tanggapannya terkait pelaksanaan kegiatan Dana Desa. Abimeri menyebutkan bahwa kami sangat berterimakasih dengan adanya Dana Desa selama ini, sehingga dapat kami bekerja sebagai tambahan kebutuhan keluarga karena sekarang harga hasil petani karet sangat rendah sebab daerah ini mayoritas penderes karet.”ungkapnya”

Tambahnya dalam pelaksanaan kegiatan Dana Desa kami tetap mendukung dan semangat kepada TPK terlebih lebih kepada kepala Desa Sifaoroasi yang selalu mengedepankan rasa kertebukaan dan transparansi mengenai kegiatan Desa dan sekali pun sebagian masyarakat  yang menganggap tidak benar namun menurut kami itu sah-sah saja tetapi kami melihat bahwa kepala Desa berkeinginan untuk membangun Desa sebagaimana harapan pemerintah dan juga masyarakat. Kami dapat menjelaskan bahwa beberapa tahun sebelumnya Desa Sifaoroasi tak pernah di sentuh pembangunan dari APBD Nias Utara dan termasuk desa tersolir dari sisi pembangunan selama ini, dengan adanya Dana Desa tentunya kami baru menikmati pembangunan”Tuturnya”(F. Zal) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *