Masyarakat Minta Pemkab Nisut Perbaiki Jembatan Sungai Lafau*

*Masyarakat Minta Pemkab Nisut Perbaiki Jembatan Sungai Lafau*

GEMENTARA.COM (Nias Utara) –  Kondisi jembatan sungai lafau saat ini, di Desa sisobahili yang berbatasan dengan Desa Lauru Lahewa kecamatan afulu kabupaten Nias Utara,propinsi Sumatera Utara (Sumut) Mengalami kerusakan,dan hampir keseluruhan papan sudah lapuh dan kondisi seperti itu di khuatirkan akan ada korban jiwa.

Jembatan ini hanya pembangunan semi permanen di bangun pada tahun 2006 sebelum pemekaran kabupaten Nias.Setelah pemekaran kabupaten Nias Utara,ruas jalan ini dan jembatan tidak pernah di bangun oleh pemerintah daerah kabupaten Nias Utara.Hanya di ganti papan jembatannya,tanpa ada peningkatan pembangunan ruas jalan tersebut.

Ketika media – Red. Konfirmasi kepada masyarakat setempat jumat (10/05/2019)tentang kondisi jembatan dimaksud, mereka sangat menghapkan perhatian khusus dari pemkab Nisut untuk segera memperbaiki menjadi permanen dan paling tidaknya secepatnya di ganti papan yang sudah rusak.”harap warga”

Beberapa  masyarakat yang tidak dapat disebut nama satu persatu.Menjelaskan kepada media – Red, bahwa dengan rusaknya jembatan ini, sehingga hasil perekonomian masyarakat terkendala karena kendaraan roda empat sulit untuk melewati Jembatan ini.Sementara hanya ini jalan satu satunya yang menghubungkan beberapa desa yang merupakan jalan kabupaten dari kecamatan Afulu menuju kecamatan Lahewa. 

Kami dapat menjelaskan ruas jalan ini sebenarnya, bukan hanya masyarakat Desa Sisobahili saja yang melintasi tetapi ada beberapa desa antara lain, kalau dari kecamatan Afulu menuju kecamatan Lahewa, pertama Desa lauru satu,sisobahili,lauru lahewa Kec afulu dan desa Hilizukhu,desa Onozalukhu.

Di tempat terpisah mencoba mengambil tanggapan  kepala Desa sisobahili An. Nisura Zalukhu.Menurutnya sangat prihatin, dengan melihat kondisi jembatan suangai lafau dan juga ruas jalan yang menghubungkan beberapa desa yang tidak pernah di perhatikan dari tahun 2006.Pada hal kondisinya sudah rusak parah, 

Nisura Zalukhu menuturkan bahwa hampir setiap hari ada yang celaka terutama anak – anak sekolah yang tiap hari melintasi jalan ini, dan tambah lagi rusaknya jembatan sungai lafau semakin dikhuatirkan akan memakan korban jiwa.Kades sisobahili kecamatan Afulu An. Nisura Zalukhu mengharapkan perhatian pemkab Nisut,agar segera di bangun kembali jembatan ini demi keselamatan masyarakat.

Kades menambahkan bahwa dengan rusaknya papan jembatan sungai lafau, yang biasanya setiap hari di lalui oleh kendaraan roda Empat untuk mengangkut hasil pertanian warga, seperti Getah, pisang,Dll sangat terganggu dan terkendala sehingga masyarakat mengeluhkan  bagaimana hasil perekonomian mereka supaya dapat berjalan lancar demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat” Ungkapnya” (F.001 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *