Mengungsi bukan Karena Tsunami, Tetapi Rumah Warga Diduga di Timbun Tanah

Mengungsi bukan Karena Tsunami, Tetapi Rumah Warga Diduga di Timbun Tanah

Morowali Utara- Kegiatan Pembangunan pembukaan jalan dari Desa Tanakuraya Menuju Desa Lemowalia, Kecamatan Bungku barat, Kabupaten Morowali Utara, provinsi Sulawesi Tengah di duga timbun rumah warga.

“Pembukaan jalan tersebut yang dikerjakan oleh PT.Brata Morindo, yang sumber dana Dana Alokasi Khusus(DAK) dengan nilai kontrak Rp. 12.448.789.000, dan sangat meresahkan warga Taa Wana.

Hal itu disampaikan salah satu warga”Adin, Kepada Wartawan P.Tambunan,(16/11/2019) yang rumahnya ditimbun oleh ulah kontraktor tersebut di dusun karawasa salah satu dusunya desa Tirongan atas.

“Menurut Adin sebelum pembukaan jalan ini dimulai, kami keluarga wargaTaa Wana sangat senang dan bahagia menempati rumah ini dan rumah inilah tempat kami berlindung dengan anak istri kami serta sesama warga Taa Wana,”Ucapnya.

Sebab rumah ini merupakan Bantuan Sosial(Bansos) yang didirikan Tahun 2012 lalu sewaktu daerah ini masih Morowali,”Kata Adin, namun sewaktu pembukaan jalan dimulai kami semua yang menempati rumah ini sudah di Usir di Kembalikan ke Hutan Lagi,”Ungkap Adin Sambil Meneteskan Air Mata.

“Kami warga Taa Wana yang menempati Rumah yang di timbun ini, kami bukan melarang pembukaan jalan di kerjakan justru kami senang,”Kata Adin.

Namun Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor juga memperhatikan kami warga Taa Wana ini jangan se enaknya saja mengusir Kami, karena kami juga Manusia dan Asli penduduk Morowali Utara,” Ujar Adin.

Jadi akibat rumah kami yang di timbun ini kami tidak bisa lagi menempati rumah ini, sehingga kami mengungsi lagi ke Hutan, dalam hal ini kata Adin Dinas Pekerjaan Umum Morowali Utara harus bertanggungjawab mengenai rumah kami yang di Timbun Tanah ini.

“Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor juga janganlah membuat masyarakat nya sampai meneteskan air mata, kan masih ada tempat lain untuk pembuangan tanah timbun ini, kenapa harus rumah kami yang di Timbun?, Tutupnya.

LP:Tambunan/Yohanes(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *