MENINGKATNYA JUMLAH PEMUDIK DI PELABUHAN MERAK-BAKAUHENI

Bakauheni lampung
Gemantaranews.com

Sebanyak 44.180 pemudik dari berbagai wilayah di Sumatera menyeberang melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, menuju Pelabuhan Merak pada H-6 atau enam hari sebelum Lebaran 2018.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Anton Murdianto di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu, menyebutkan berdasarkan data angkutan mudik 2018 jumlah perjalanan dari pejalan kaki sebanyak 4.064 orang dan 40.116 penumpang dalam kendaraan.

“Penumpang itu kapal feri dengan 123 perjalanan,” katanya.

Ia menyebutkan jumlah penumpang itu lebih banyak dibandingkan periode yang sama ditahun lalu.

Menurutnya, pada H-6 arus mudik Lebaran tahun lalu, total jumlah penumpang sebanyak 37.078 orang. Rinciannya penumpang jalan kaki 3.420 orang dan 33.658 dalam kendaraan.

Sementara lanjutnya, untuk kendaraan sepeda motor pada H-6 sebanyak 603 unit, roda empat 5.040 unit, bus 540 unit, dan truk/kendaraan besar 1.149 unit.

“Jadi total kendaraan yang diangkut kapal feri sekitar 7.332 unit,” ujarnya.

Sementara itu, pemudik pejalan kaki melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, pada H-5 atau lima hari menjelang Lebaran 2018 terlihat masih sepi.

Berdasarkan pantauan jurnalis gemantaranews di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu siang, tampak tak terlihat antrian di loket karcis menuju kapal feri.
Penumpang yang menggunakan angkutan bus maupun perjalanan dari Kota Bandar lampung dan terlihat sepi di terminal Pelabuhan Bakauheni.

Mereka ada yang langsung menuju loket karcis untuk menyeberang perjalanan menuju tempat tujuan masing-masing.

Beberapa orang lain memilih untuk tidak langsung menuju loket karcis, tetapi beristirahat di sekitar pelabuhan.

Salah satu petugas loket di Pelabuhan Bakauheni mengatakan bahwa Pelayaran penumpang melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni diperkirakan meningkat pada H-2 atau dua hari menjelang Lebaran 2018.

Dengan A charito / Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *