Osara’o Zai Kades Hilimbuasi Laksanakan Penyemprotan Desinfektan

Osara’o Zai Kades Hilimbuasi Laksanakan Penyemprotan Desinfektan

Gemantara.com, (Nias Barat) Kepala Desa Hilimbuasi, Kecamatan Lolofitu Moi, Kabupaten Nias Barat (NB), terus berkomitmen mendukung program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Hari ini, Selasa (07/04) Kepala Desa HILIMBUASI bersama aparat Desa, Camat Lolofitu moi, Kapolsek, Kapus Puskesmas, melaksanakan penyemprotan desinfektan di pemukiman warga dan fasilitas umum, perkantoran, dan rumah ibadah, secara mandiri.

Kepala Desa Hilimbuasi Osarao Zai menyampaikan bahwa kegiatan ini secara perlahan akan dilaksanakan terus menerus di setiap rumah-rumah warga, mulai dari Dusun 1 (satu) sampai Dusun 4 (empat) yang ada di wilayah Desa Hilimbuasi.

“Pada wilayah Desa Hilimbuasi yang kita utamakan untuk dilakukan penyemprotan desinfektan adalah rumah-rumah warga dan fasilitas umum, seperti perkantoran, rumah ibadah. Selain penyemprotan ini, tim kami juga melakukan Sosialisasi kepada masyarakat yang saat itu kami jumpai tentang bagaimana cara membuat desinfektan yang mudah dari bahan pembersih rumah tangga sehingga masyarakat bisa melakukan penyemprotan secara mandiri di lingkungan rumah masing-masing,” ujar Osarao Zai.

Pada kesempatan tersebut Osarao Zai juga menyampaikan bahwa Sumber dana dari kegiatan Penyemprotan tersebut di biayai dari APBDes tahun 2020. Ia berharap dengan kegiatan penyemprotan desinfektan ini secara rutin dapat mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Hilimbuasi dan sekitarnya serta memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada warga tentang perlunya pola hidup bersih dan sehat dengan cara menjaga diri, keluarga serta lingkungannya. Ditambahkannya kepada aparat Desa agar di data warga yang mengalami dampak Covid-19 untuk diberikan bantuan dengan kriteria warga yang tidak menerima PKH, BERAS RASKIN, PNS.

Pada kesempatan yang sama Camat Lolofitu Moi Yareli Halawa menegaskan agar dalam masa ini jangan dulu ada pertemuan-pertemuan yang mengundang keramaian seperi, pesta, seminar dll. Ditambahkannya kepada petugas penyemprotan agar sungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas, jangan hanya asal-asalan utamakan semprot pada tempat yang sering atau mudah disentuh oleh warga seperti Pintu, jendela, kursi, meja, dengan selalu kordinasi kepada sipemilik rumah.

“Pada saat penyemprotan desinfektan itu pula, kami menghimbau kepada warga bahwa kita tidak hanya melakukan semprot desinfektan tetapi kita perlu juga menjaga kebersihan diri dengan cara sering-sering cuci tangan bila datang atau habis berpergian, jaga jarak kurang lebih 1 meter bila bertemu dengan orang lain serta berdiam diri dirumah terlebih dahulu jangan keluar rumah kecuali ada keperluan yang mendesak,” pungkasnya.
Tim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *