Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2021

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan Menggelar Musrenbang RKPD Tahun 2021

Gemantara.com (NIAS SELATAN), Diskominfo Kabupaten Nias Selatan Provinsi Sumatera Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Jalan Saonigeho Km. 3,5 Telukdalam, Hari Jumat, 27/3/2020

Kegiatan Musrenbang ini secara resmi dibuka oleh Bupati Nias Selatan yang diwakili Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha,MM., dan dihadiri oleh Ketua DPRD Elisati Halawa,ST., Wakil Ketua DPRD Fa’atulo Sarumaha,S.IP.,MM., dan Agustana Ndruru, mewakili Kapolres Kasat Intel AKP Zul Efendi,SH., Dandim 0213/Nias diwakili Danramil 12/Telukdalam Mayor Inf. Hatianus Zega, dan Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Kepala Instansi Vertikal, serta tamu dan undangan lainnya.

Mewakili Bupati Nias Selatan Sekretaris Daerah, Ikhtiar Duha, dalam sambutannya mengatakan pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Nias Selatan akan mengupayakan pencapaian visi yakni: “mewujudkan masyarakat yang maju, sehat, dan cerdas dengan kepemimpinan yang melayani, jujur dan sederhana”.

“Oleh sebab itu, Musrenbang RKPD ini merupakan momen bagi para pemangku kepentingan untuk melaksanakan musyawarah bersama dalam upaya menyempurnakan rancangan RKPD 2021 demi mewujudkan visi dan misi pemerintah Kabupaten Nias Selatan 2016-2021,” ungkap Ikhtiar Duha.

Ikhtiar Duha menambahkan gambaran umum rancangan RKPD Kabupaten Nias Selatan tahun 2021 akan mengangkat tiga aspek pembangunan yaitu : aspek pembangunan ekonomi, pembangunan infrastruktur dan pembangunan manusia.

“Saya mengajak seluruh unsur masyarakat dan pemangku kepentingan untuk memberikan saran, pendapat dan masukan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan tahun 2021 sehingga kita harapkan pelaksanaannya dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan target pembangunan yang telah ditetapkan,” ujar Sekda Nias Selatan

Kata sambutan Kepala Bappeda Kabupaten Nias Selatan, Abdiel Sonasa Amazihono,SSTP.,M.Ec.Dev., mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbang ini didasari dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

“Kegiatan Musrenbang ini bertujuan untuk menyepakati permasalahan dan priortitas pembangunan daerah, penyelerasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran prioritas pembangunan provinsi, dan klarifikasi program dan kegiatan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kecamatan, serta menyepakati pagu indikatif, indikator dan target kinerja,” tutur Abdiel.

Elisati Halawa, ST Ketua DPRD Kabupaten Nias Selatan dalam sambutannya juga mengatakan bahwa atas nama Lembaga DRPD Nias Selatan mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang tersebut sebagai tahapan perencanaan pembangunan daerah. Beliau mengharapkan kepada Pemerintah Daerah kiranya usulan pembangunan dari desa dan kecamatan dapat terakomodir dalam rencana kerja pemerintah daerah untuk tahun 2021,” harapnya. (#SEGA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *