Pengadilan Tinggi Provinsi Bangka Belitung Melantik 23 Advokat

Gemantara.com,Bangka Belitung – Sebanyak 23 orang advokat yang tergabung dalam Kongres Advokat Indonesia (KAI) Provinsi Bangka Belitung (Babel) resmi dilantik setelah dilakukan pengangkatan sumpah.

Kegiatan pelaksanaan sumpah sekaligus pelantikan sejumlah advokat itu berlangsung di aula gedung Pengadilan Tinggi Provinsi Babel, Selasa (30/4/2019) dipimpin langsung oleh ketua Pengadilan Tinggi Babel, Cornelis Sianturi SH MH.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Cornelis Sianturi mengingatkan para advokat yang telah diangkat sumpah dan dilantik tersebut hendaknya dapat melaksanakan profesi sesuai dalam tataran profesionalitas dan tetap mengacu pada kode etik advokat.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) DPP Kongres Advokat Indonesia (KAI) pusat,John Sada SH MH menegaskan pihaknya tetap menindaklanjuti laporan atau keluhan klien yang ditangani oleh advokasi namun lalai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Kami punya kode etik dan itu semua advokat di Indonesia dan setiap laporan tentunya dari masyarakat atau para klien atau pihak-pihak yang merasa dirugikan, silahkan melaporkan ke Dewan Pimpinan Daerah,” ungkap John.

Ditegaskanya lagi terkait keluhan klien itu bisa dilakukan di daerah klien itu sendiri karena di tiap daerah itu ada dewan kehormatan.

“Mereka (DPD KAI ) akan memproses hal tersebut dan sanksinya beragam dari yang ringan berupa teguran hingga pemecatan seorang advokat tersebut,” tegas John saat ia didampingi seorang pengurus DPD KAI Provinsi Babel, Gala Adhi Dharma SH.

Saat ini di Indonesia KAI sendiri telah terbentuk menurutnya di 34 provinsi, oleh karena ia sendiri sangat berharap DPD KAI yang ada di daerah termasuk di Babel dapat membentuk lembaga bantuan hukum (LBH) khusus memberikan layanan jasa bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu.

(GUN’77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *