Pengiriman Zirkon di Pelabuhan PangkalBalam Tak Ada Izin Administasi, Polisi Lakukan Penyelidikan

Gemantara.com,Bangka Belitung – Aktivitas rencana pengiriman mineral ikutan timah yakni Zirkon terpantau di Ketapang Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang Senin (8/7/2019) lalu.

Dikonfirmasi terkait aktivitas tersebut,Hasoloan Siregar PH KSOP Pangkalbalam ditemui di ruang kerjanya mengatakan mengetahui ada rencana pengiriman Zirkon dari Agen namun dokumen kapal dan muatannya belum diserahkan kepada syahbandar.

“Ada sejumlah izin yang harus dipenuhi untuk pengiriman Zirkon makanya sempat kita datangi untuk tidak memuat ke tongkang,” kata Hasoloan Siregar PH KSOP Pangkalbalam ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakannya,sesuai aturan jika kapal sudah berada di pelabuhan maka 1×24 jam harus menyerahkan dokumen. Ada pihak yang datang mungkin pengurusnya menyatakan akan memuat.

Namun pihaknya meminta lebih dulu melengkapi dokumen barangnya sebelum memuat. Antara lain SKP awal, jenis dan uji lab barang yang diangkut, laporan hasil surveyor dan jumlah barang, bukti setoran pajak dan SKP akhir.

“Jenis nya apa berapa jumlah barsngnts itu harus jelas dan bayar pajak daerah kita nggsk tau dan kkta sudah minta jangan dulu dimuat dan baru tahu dari kalian barang tetap dimuat nanti kita cek,” kata Hasoloan Siregar.

Beredar juga informasi bahwa anggota Intelmob Sat Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung sempat menghentikan kegiatan muat. Hal ini dibenarkan Kasat Brimob Kombes Pol Farid Bahtiar membenarkan hal tersebut.

“iya tadi anggota sudah laporan, sesuai info masyarakat dan sudah diinfokan selanjutnya ke Krimsus terkait hal itu,” kata Kombes Pol Farid Bahtiar.

Kasubdit Tipidter Dirkrimsus Kompol Siswantoro mewakili Dirkrimsus Kombes Pol.Indra Krismayadi mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Anggota saya udah berada di pelabuhan,” kata Kompol Siswantoro

Hal senada juga dikatakan oleh Kasubdit Gakkum Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung Kompol Nuryono mewakili Dirpolairud Kombes Pol M Zainul yang mengatakan pihaknya juga melakukan pengecekan.

“Sedang kita lakukan pengecekan anak buah ngecek,” kata Kompol Nuryono.

Ketidaktahuan soal pengiriman Zirkon ini juga dikatakan Rizky Kabid Non Logam Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut Rizky pihaknya tidak tahu soal ada rencana pengiriman zirkon melalui pelabuhan Pangkalbalam. Pasalnya hingga saat ini belum ada pihak yang mengajukan izin terkait Zirkon tersebut.

“Sampai sekarang tidak ada administrasi yang diajukan kepada kita terkait informasi rencana pengiriman Zirkon tersebut,” kata Rizky.

Berdasarkan pantuan di lokasi Pelabuhan Ketapang Pelabuhan Pangkalbalam sekitar pukul 14.30 WIB puluhan truck bermuatan zirkon dikemas dengan jumbo back antri.

Tidak terlihat aparat berada dilokasi saat muatan dipindahkan menggunakan krainer dari truck ke tongkang Mandiri 33.

Informasi yang didapat menyebutkan rencananya jumlah Zirkon yang akan dikirim sebanyak kurang lebih 18.000 ton. Pengiriman dilakukan dalam beberapa kali karena maksimal tongkang memuat sekitar 2.500 ton.

Perusahaan yang mengirim adalah PT.Indomas yang berupaya di konfirmasi karena sejumah pihak menyatakan tidak mengetahui kontak untuk dihubungi.

(Team)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *