Perencanaan Pendalaman Alur Sungai Di Empat kabupaten Oleh Pemprov Babel

Gemantara.com,Bangka Belotung – Rencananya tahun ini Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan pendalaman alur sungai di beberapa kabupaten. Sejumlah alur sungai yang menjadi prioritas di antaranya, alur sungai di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Kabupaten Belitung Timur.

Yulizar Adnan Pj Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, sebanyak empat lokasi alur sungai akan dilakukan pendalaman. Sejumlah alur sungai tersebut yakni, muara Sungai Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, muara Sungai Tanjung, Kabupaten Bangka Barat.

Dua kabupaten lainnya yakni, muara Sungai Jelitik di Kabupaten Bangka dan muara Sungai Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Yulizar menambahkan, semua pihak terkait memberikan masukan, seperti pihak lingkungan hidup, perhubungan dan pihak terkait lainnya.

“Sebelum dilakukan proses penggalian perlu ada rekomendasi dari pihak terkait,” kata Yulizar saat Rakor Rencana Pendalaman Alur dan Penanganan Limbah ex Tailing Timah serta Sedimentasi di Sepanjang Alur Sungai Pesisir Bangka Belitung, di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Kamis (2/1/2020) kemarin.

Syarat untuk melakukan penggalian alur sungai harus mempunyai analisa dampak lingkungan. Selain itu, tindakan tidak hanya melakukan pendalaman muara. Sebab agar kegiatan ini menjadi efektif, tentunya aktivitas penambangan di hulu sungai juga mendapat perhatian.

Alie Group Owners PT.Sejahtera Mujur Bersama mengatakan, perusahaan ini khusus bergerak melakukan pendalaman alur. Hingga saat ini sudah bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah untuk melakukan pengerukan alur sungai.

Terdapat beberapa jenis kapal untuk melakukan pengerukan alur sungai. Ia menjelaskan, beberapa kapal sedang melakukan pengerjaan alur sungai di Lampung. Pipa pembuangan hasil kerukan bisa mencapai dua kilometer.

“Kondisi alur sungai di Kabupaten Belitung Timur cukup parah. Sebab ada bagian sungai yang sedimentasi sudah membentuk pulau. Kawasan tersebut nampaknya memang sangat perlu dilakukan pengerukan. Namun perlu persepsi sama untuk melakukan pengerukan ini,” katanya.

(Guns”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *