Perguruan Singa Pajajaran mengadahkan acara Ruwatan Gunung Sodong

 

Dari kebudayaan yang berakar pada nilai Ilahi itulah kemudian lahir tradisi dan laku kehidupan. Di antaranya adalah kesenian, bahasa, busana, hingga bagaimana manusia menentukan pilihan dan bentuk kediamannya. Tak hanya itu, atas dasar pandangan kebudayaan pula, manusia memiliki sikap dalam kehidupan sosial, politik, ekonomi, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan maka Perguruan Singa Pajajaran yang didukung beberapa lembaga dan dinas pariwisata melakukan Ruwatan Di Gunung Sodong  Dengan  Susunan Acara  Presisi Ruwatan Antara Lain

Ngarak Hasil Bumi, Pusaka, 7 Kendi Yang Diambil Dari 7 Mata Air Di Wilayah Gunung Sodong, Diiringi Tetabuhan, Sholawatan, Perlengkapan Bendera Merah Putih Umbul Umbul, Atau Petaka.

Sesaji Dikumpulkan Lapangan Dipinggir Jalan Desa Kahrekel Yang Dikawal Dayang Dayang Penggawa  Dengan Payung Agung Dengan Rute Masuk Ke Kampung Parung Singa Menuju Lapangan Upacara, Peserta Yg Terdiri Dari Pemerintah, Instansi, Komunitas Adat, Padepokan ,Perguruan Silat,  Sanggar , Kiyai, Santri Ulama Dan Masyarakat Umum Lainnya.

Hasil Dari Sesaji Akan Diarak Disiapkan Dilapangan Diiringi Kesenian Adat Seperti Lengser, Karinding, Celempungan, Gondang , Kecapi Buhun, Marawis  Dan Tari Tradisi Sebagai Pengiring Atraksi Pencak Silat.

Menurut Ketua Panitia Bapak Supandi Acara Akan Dilaksanakan Pada Sabtu Minggu 29-30  Juli 2017 Yang Bertempat Di Gunung Sodong Parung Singa Kahrekel Bogor.

Dalam Acara Tersebut Dihadiri Ketua Dan Pembina Lembaga Tatar Sunda Bapak Abah Ely Jatnika, Abah Udin Lengser, Akang Diansyah Putra Gumay, Anggota Gemantara ( Gerakan Masyarakat Nusantara) Bapk Nazor Zah, Bapak Bambang Sumantri Dari Dinas Pariwisata, Tokoh Pagar Nusa Gus Sastro Adi, Bapak Jaro Manik Dari Adat Sunda Wiwitan, Sekjend Lesbumi Ki Abdulah Wong Ki Darman Dan Pak Arjun Ketua Perguruan Singa Pajajaran.

Dan Berbagai Elemen Masyarakat.

Nazor/Edy Rusadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *