Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang Kerjasama Dengan LPKA Kelas II Pangkalpinang.

Gemantara.com, Pangkalpinang-Dalam era digitalisasi seperti sekarang ini, dimana minat baca masyarakat terhadap koleksi tercetak mulai menurun disebabkan kecenderungan masyarakat memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi sehingga menjadi malas untuk membaca bahan bacaan tercetak. Berbeda dengan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang yang melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang untuk dapat memberikan layanan pemustaka kepada Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) di LPKA Kelas II Pangkalpinang. Pagi ini sebanyak 15 orang anak yang melakukan peminjaman buku/koleksi melalui pelayanan yang diberikan oleh Petugas Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang, Rabu (18/12).

“Selama berada di LPKA Kelas II Pangkalpinang, seluruh anak-anak kita berikan beragam kegiatan pembinaan baik kemandirian maupun kepribadian supaya mereka mempunyai bekal serta dapat merubah kehidupan mereka dimasa yang akan data, masa dimana sudah dinyatakan selesai menjalani masa pidana atau dinayatakan bebas. Salah satu kegiatan pembinaan tersebut adalah kegiatan peningkatan minat baca yang mana kami sudah bekerja sama dengan Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang agar bisa berkunjung ke LPKA Kelas II Pangkalpinang seseuai jadwal yang telah disepakati guna memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk dapat meminjam buku dengan beragam nuansa khasanah jenis buku dan tentunya sesuai dengan usia anak-anak, pungkas Suyatno (Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang)”.

Dari hasil pantauan kita melalui seksi yang terkait, anak-anak sudah mulai terbiasa dengan kebiasaan membaca. Ragam jenis buku yang dibaca anak-anak juga beraneka mulai dari buku tentang keagamaan, ilmu sosial, ilmu terapan serta koleksi-koleksi yang bersifat rekreatif seperti novel dan komik, tambah Suyatno.

Sementara itu, menurut Kasi Pembinaan (Zarpian) bahwa setiap satu minggu sekali yaitu hari Rabu, anak-anak dijadwalkan untuk mengikuti kegaiatan yang diberikan oleh Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang.

“Alhamdulillah sudah beberapa tahun ini kita lakukan kegiatan ini guna membiasakan anak-anak untuk terbiasa membaca seraya mengisi hari-hari mereka dengan kegiatan-kegiatan positif, ujar Zarpian”.

Tak hanya perpustakaan keliling saja, LPKA Kelas II Pangkalpinang juga sudah mempunyai perpustakaan sendiri yang ditempatkan di ruang pendidikan. Untuk rak dan koleksi sudah lumayan banyak dan beragam serta merupakan bantuan dari pemerintah dan pihak swasta. Hal ini berarti bahwa sejauh ini kami telah mendapat dukungan dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan minat baca anak-anak disini, tambah Zarpian.

“Kalau saya bandingkan dari data yang ada, tingkat keaktifan meminjam buku anak-anak disini jauh lebih bagus dibandingkan dengan anak-anak seumuran mereka yang ada diluar sana, ujar Tarmidi (Petugas Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang)”.

Perpustakaan keliling menyediakan buku-buku yang beragam dari segala edisi yang ada terutama bagi anak-anak, sebagaimana kita ketahui bahwa memupuk minat baca pada usia dini dapat menghasilkan budaya baca yang konsisten dan beragam dikarenakan rasa ingin tau anak-anak yang tinggi. Selain itu tujuan kami adalah untuk memberikan informasi, edukasi dan rekreasi bagi anak-anak, tambah Tarmidi.

“Awalnya saya seolah merasa terpaksa untuk membaca, namun sekarang saya merasa membaca adalah kebutuhan dan keharusan, pungkas Willie Saputra (salah satu Andikpas LPKA Kelas II Pangkalpinang”.

Suyatno berharap dengan adanya kegiatan layanan pemustaka yang rutin diberikan oleh Perpustakaan Keliling Kota Pangkalpinang ini, semangat belajar dan semangat baca anak-anak semakin meningkat sehingga anak-anak pada akhirnya akan merasa haus membaca.

(GUNs”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *