Polres Nias Beralasan:Tindak Lanjut Laporan Wartawan Menunggu Balasan Surat Dari Dewan Pers

Polres Nias Beralasan:Tindak Lanjut Laporan Wartawan Menunggu Balasan Surat Dari Dewan Pers

Gemantara.Com.( Nias) Terkait laporan PERS/jurnalistik di Mapolres Nias  pada tanggal 25 januari 2019 Dengan STPLP/35/I/2019/NS nomor: LP/35/I/2019/NS. Tentang Setiap orang secara melawan Hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat Menghambat atau Menghalangi pelaksanaan pekerjaan PERS/ Jurnalistik.

Dalam laporan tersebut tiga dari Wartawan/anggota Pers yang Media berbeda Atas nama Nosama Zega Media Online JAYANTARA.News Dan Nobuala Zega Media Online SUARALIRA.Com dan Febeanus zalukhu Media Online KUPASKASUS.COM.Yang telah melaporkan di MAPOLRES Nias, tentang kejadian pada saat melakukan peliputan di lokasi kegiatan Dana Desa di Desa Sisarahili Kecamatan Namohalu Esiwa Kab, Nias Utara, Prov Sumut. Pada tanggal kejadian, 22 januari 2019.Lokasi dusun II desa Sisarahili Kec Namehalu Esiwa. Yang di lakukan oleh salah seorang warga dusun I An. Rodianus harefa sebagai terlapor.Kronologi kejadian tersebut merupakan melawan hukum dimana pada saat ketiga anggota wartawan di halangi dan diancam pakai sejata tanjam ( parang) di lokasi kegiatan dana desa tersebut yang di lakukan oleh terlapor. 

Hasil percakapan awak media ini kepada Kapolres Nias AKBP Deni Kurniawan Melalui Nomor Whatsappnya 30 juli 2019.Dimana laporan tersebut sudah 6 Bulan lebih masih belum ada titik terang Atau kepastian hukum, Dimana dalam percakapan itu Febeanus zalukhu mengawali memperkenalkan idetintasnya menyebutkan izin pak… saya wartawan kupaskasus. Com atas nama febeanus zalukhu sebagai pelapor mengharapkan kepada penyidik dapat di tindak lanjuti laporan kami terkait menghalangi peliputan Pers di desa sisarahili tks.Lalu……Polres Nias membalas prosesnya masih berjalan bang, kami masih menunggu balasan surat yg kedua dr dewan pers.surat jawabannya sampai dengan hari ini blm kami terima.krn pentingnya jawaban tsbt untuk melengkapi keterangan dr proses yg berjalan.kan sudah sy jelaskan, jawaban terhadap surat kami yg kedua dr dewan pers sangat penting untuk kasus ini.krn abang dan rombongan datang dalam kapasitas sebagai wartawan.

Febeanus Zalukhu: Iy komandan kami tetap menghargai proses hukum tetapi sampai kapan kami mendapatkan keadilan. Dari bulan januari 2019 sampai saat ini  sudah hampir tujuh bulan.komandan maaf jika salah tambah Febeanus Zalukhu: Siap komandan. Semoga ada kerjasama yg baik. Yaahowu.

Menurut pimpinan Redaksi KUPASKASUS.Com Martinus Hulu.Menjelaskan bahwa surat Kapolres Nias ke Dewan Pers sudah salah alamat, karena yang lebih mengetahui legalitas wartawan itu adalah pimpinan Redaksi dan yang di ketahui oleh Dewan Pers itu adalah hanya perusahaan media dan Pimpinan  Redaksi.sebutnya.

Pimpred Martinus Hulu sangat kecewa terhadap penyidik polres nias yang di duga sengaja melambat lambatkan prosesnya kalau seperti ini kapan kita mendapatkan kepastian hukum dan keadilan di Negara ini,apa bila Dewan Pers tak mau membalas surat dari Polres Nias.Apakah kita selalu berpedoman dari balasan dewan pers atau ada solusi lainnya saya mau sarankan Polres Nias supaya benar benar teliti dalam melakukan penyelidikan, di mana kejadian itu ada alat bukti berupa Vidio Pengancaman terhadap wartawan saat itu bukan hanya menghalangi peliputan wartawan saja”Jelasnay” 

Tambahnya lagi setiap perusahan Pers telah berbadan Hukum dan memiliki pengesahan Kep. Menkumham RI atau AHU.dan juga setiap warga negara yang terancam akan dilindungi oleh Hukum tentu dalam hal ini kita berharap kepada Polres Nias untuk segera mengungkap laporan tersebut dan kita tetap mendukung kinerja Polres Nias ” Imbuhnya”

Ketika di konfirmasi kepada penyidik di polres Nias  Swasaro waruwu melalui Whatsapp  kamis (08/08 /2019) Oleh Febeanus Zalukhu: Selamat siang bang, mohon izin saya mau konfirmasi terkait laporan kami tentang dugaan pelanggaran menghalangi dan pengancaman wartawan di desa sisarahili kec Name halu Esiwa laporan kami sudah 7  bulan masih belum kami dapatkan kepastian hukum mohon tanggapan bang apa kira kira kesulitan dan hambatan proses penyelidikannya atas kerja sama yg baik di ucapkan terimakasih

Jawab Swasaro Waruwu: Sp2hp telah saya krmkan kpd pelapor an. Nosama zega bg. Di surat kami telah kami jelaskan, silakan konfirmasi juga kpd dewan pers, agar segera di balas surat kami. Tq

Lanjut Febeanus Zalukhu: Dan saya sarankan juga bang kalau bisa  pimpinan redaksi masig masing media  yg melapor mohon di surati juga abang.jawab lagi Swasaro Waruwu Tks, masukannya. Kami akan pertimbangkan, apa wajib kami surati atau tdk.( F. Zal) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *