Relawan Kemanusiaan Tangkal Covid-19 akan melakukan hal ini !!

gemantara.com, Pada awal bulan April 2020 beberapa organisasi antara lain komunitas pariwisata Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bangka, LMP, BKPRMI, GPII, Komunitas Sosial Belinyu Friends dan Gerakan Rakyat Nusantara (GRN) Babel bersepakat membentuk “Relawan Kemanusiaan Tangkal Covid-19” di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.(kamis, 09/04/2020)

Relawan yang diinisiasi rekan-rekan komunitas, LSM, OKP, Ormas ini menyikapi kondisi sosial masyarakat yang terdampak penyebaran virus corona yg dikenal dengan Covid-19 sudah memprihatinkan. Anjuran Kepala Daerah dan Maklumat Kapolri dengan tetap dirumah dan menjaga jarak (physical distancing) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 mulai dirasakan dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Dampak corona ini menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat, pembatasan dalam berusaha sehingga dirasakan langsung dimasyarakat bawah khususnya para pekerja harian lepas, UKM, kelompok masyarakat penggiat/pengelola destinasi wisata. Keprihatinan kondisi ini, Relawan Kemanusiaan Tangkal Covid-19 membuat penggalangan donasi dari donatur perseorangan, instansi, swasta untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Menurut Rizan Refian selaku Ketua Tim Relawan ini mengatakan, “Sebagai generasi muda, saya bersama teman-teman merasa terpanggil untuk melakukan kegiatan ini. Dengan kolaborasi berberapa kelompok organisasi kami mencoba untuk berbagi, seberapa yg kami bisa.”

“Berhentilah kita mencari celah kesalahan pemerintah, karena bukan ini lagi saatnya. Mari kita bergerak bersama, yg lebih kuat membantu yang lemah dan yang bergelimpangan wajib menyalurkan kepada yg kekurangan baik itu makanan sembako dan peralatan medis”, demikian pesan Rizan.

Bersama Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Relawan Kemanusiaan siap membantu meringankan beban serta berkoordinasi bersama. Rizan Refian juga sudah menghadap Ketua Pelasana Gugus Tugas Provinsi, Bapak Mikron Antariksa, dan juga selaku Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk berkonsultasi dan berkoordinasi kegiatan yang akan dilakukan oleh Relawan Kemanusiaan Tangkal Covid-19 ini.
(Gun”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *