Sebanyak 250 Pasien Katarak Jalani Operasi Pada Acara HUT Lantamal V Surabaya

Sebanyak 250 Pasien Katarak Jalani Operasi Pada Pada Acara HUT Lantamal V Surabaya

Jember, Gemantara.com

Sebanyak 250 pasien katarak akan menjalani operasi dalam bakti sosial operasi katarak untuk memperingati HUT Lantamal ke-69 di RS Bina Sehat.

Kegiatan sosial yang digelar atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Jember, RS Bina Sehat, Lantamal V Surabaya, dan Yayasan Baitul Al-Khariyah Bandung serta Maryam Foundation Kuwait ini berlangsung 17 – 20 Januari 2019.

Ketua Yayasan Baitul Al-Khariyah Bandung Nadya Abu Sodieq Bawazier melaporkan pelaksanaan baksos operasi katarak di Kabupaten Jember melibatkan 250 pasien. Ia mengatakan, kebutaan di Indonesia menempati urutan kedua terbesar di dunia.

“Yayasan Baitul Al-Khariyah adalah yayasan resmi dan mendapatkan izin resmi di bawah naungan negara Kuwait dan hanya ada di Indonesia,” terangnya.

Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menyampaikan bahwa Jember dikenal sebagai kabupaten yang cinta dhuafa. Jember juga terkenal sebagai kabupaten yang senang bersinergi.

Sedangkan di RS Bina Sehat sudah delapan tahun menyelenggarakan kegiatan sosial,yang bukan hanya untuk masyarakat Jember tetapi untuk seluruh Indonesia.

“Karena dalam ajaran agama, urusan kemanusiaan tidak dibatasi wilayah, kewarganegaraan, dan suku. Artinya cinta sesama manusia adalah ajaran Allah SWT,” ungkapnya.

Keluarga Kerajaan Kuwait hadir bersama, lanjutnya, bukan karena kepentingan lainnya. Mereka hadir karena kepentingan cinta terhadap sesama manusia dan berbagi dalam kegiatan sosial.

Bupati menyambut baik niat Kuwait. Dan berharap kegiatan ini bukan yang pertama dan terakhir kalinya. Kuwait dan Jember telah mengawali sinergi dengan pengiriman perawat di Kuwait, yang sebagian sampai saat ini masih bekerja di Kuwait.

“Orang dihargai bukan karena banyaknya harta,bukan karena kecantikannya, bukan pula karena tahta kerajaannya. Tetapi, orang dihargai karena kepeduliannya terhadap sesama manusia,” ungkap bupati.

Kepada pasien operasi katarak, bupati berpesan agar menggunakan penglihatan sebaik-baiknya dengan melihat hal-hal yang baik apabila nanti telah kembali bisa melihat. Tidak lupa agar digunakan untuk membaca AL Qur’an.

Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin SH ,M.Han,. dalam kesempatan yang sama mengatakan, merasa sangat bangga dan terharu karena melihat apa yang telah dilaksanakan.

“Begitu banyak hal hal yang disaksikan dalam menyejahterakan kehidupan masyarakat di Kabupaten Jember,” ungkapnya.

Danlamtamal berharap kagiatan ini dapat menggugah dan memupuk rasa kesatuan dan persatuan sesama umat di dalam kegiatan tolong menolong dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama .

Sementara itu, Chairman Maryam Foundation Syekha Maryam Al-Sabah mengungkapkan rasa bangga bisa ikut andil dalam baksos operasi katarak. Ini adalah wujud rasa terimah kasih Kerajaan Kuwait.

Oleh karennya Syekha Maryam berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut sampai seterusnya. Rasa bahagia yang tidak ternilai harganya bisa melihat pasien katarak nantinya dapat melihat dunia dengan jelas .

“Dalam pertemuan ini tidak hanya bertemu di dunia saja, tetapi kelak berharap bersama sama bertemu disurga Allah SWT,” ujarnya. (JRM)

Editor: Zulhamdan(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *