Selamat Hari Pendidikan Nasional 2020 Oleh Kapolda Babel

Gemantara.com,Bangka Belitung – Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei yaitu bertepatan dengan hari kelahirannya Bapak Ki Hadjar Dewantara. Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pelopor pendidikan dan juga sebagai Bapak Pendidikan Nasional lahir pada 2 Mei 1889.

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020, Kepolisian Daerah Kep. Bangka Belitung turut menyampaikan ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional. Ucapan tersebut disampaikan melalui media sosial resmi Polda Kep. Bangka Belitung (ig @poldababel) tanggal 02 Mei 2020.

“Kapolda Kep. Bangka Belitung Brigjen Pol Drs. Anang Sayrif Hidayat beserta staf dan Bhayangkari mengucapkan Selamat Memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Tahun 2020.”

Sementara itu sebagai informasi, ketika mendirikan taman siswa sebagai wadah pendidikam pribumi, Ki Hadjar Dewantara membuat 3 semboyan pendidikan yang sampai saat ini masih digunakan.

Semboyan ini terdiri dari 3 poin yang ditulis dalam bahasa jawa dan menjadi pedoman bagi guru atau pengajar saat membimbing murid dalam belajar.

3 semboyan tersebut yakni :

1. Ing ngrasa sung tulada artinya seprang guru adalah pendidik yang harus memberi contoh atau menjadi panutan

2. Ing madya mangun karsa artimya seorang guru adalah pemdidik yang selalu berada ditengah-tengah para muridnya dan terus menerus membangun semangat dan ide-ide mereka untuk berkarya

3. Tut wuri handayani artinya seorang guru adalah pendidik yang terus-menerus menuntun, menopang, dan menunjuk arah yang benar bagi hidup dan karuya anak-anak didiknya.

(Gun”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *