Senator Babel Ust.Zuhri M Syazali.LC.MA Kunjungi Fakultas Hukum UBB

Gemantara.com,Bangka Belitung – Kunjungan Anggota DPD RI Dapil Babel Ust.Zuhri M Syazali,LC.MA dalam rangka Silaturahmi dengan agenda program pusat studi pancasila (PUiSi) FH (fakultas hukum) UBB (Universitas Bangka Belitung) sangat penting dan menarik untuk dilakukan ditengah kondisi kehidupan masyarakat kita saat ini yg mulai memudar dalam menerapkan nilai nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.(Sabtu,19/03/2021) kemarin.

program PUiSi ini sangat strategis selaras dengan tugas DPD RI dalam sosialisasi 4 pilar untuk menanamkan/mengimplementasikan nilai nilai luhur pancasila dalam kehidupan masyarakat.

“perwujudan implementasi ini tidak hanya soal sosialisasi saja sebagai output akan tetapi bagaimana outcome yg dihasilkan, tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban terus selesai, ini penting kita bangun metode dan cara cara yang mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat..sehingga perlunya menentukan target dan segmentasi sasaran untuk membangun sebuah pemahaman ditengah masyarakat terkait nilai nilai pancasila ini,” kata ustadz Zuhri.

Salah satu sebagai contoh misalnya dengan membangun pusat percontohan yaitu desa pancasila. jika ini bisa terlaksana saya yakin implementasi pancasila dapat dengan baik diterima oleh maayarakat,”ungkapnya.

Dekan UBB Dr. Dwi Haryadi,SH.MH, memberikan apresiasi setingginya kepada senator babel ust.zuhri atas kehadirannya di FH UBB dalam diskusi serta masukannya dalam pengembangan studi pancasila di FH UBB.berkenaan dengan program puisi ini UBB merupakan salah satu dari 10 universitas di indonesia yg dipercayakan dalam pengembangan studi pancasila dimana kerjasama ini dengan pusat yaitu BPIP (badan pembinaan ideologi pancasila).

“tujuan dari puisi ini adalah membangun peradaban pancasilan dalam tindakan.
oleh sebab itu pentingnya menanamkan kembali nilai nilai pancasila dalam sebuah tindakan ditengah masyarakat.
Dimana,UBB sebagai sebuah universitas di babel memiliki kepentingan dalam melakukan suatu penelitian secara akademis untuk melihat bagaimana penerapan pancasila selama ini dalam berbagai aspek kehidupan,”kata Dr.Dwi haryadi,SH.,MH

“salah satu kajian hukum yg menjadi penelitian FH UBB seperti halnya bagaimana penerapan aturan hukum/kebijakan pemerintah dalam kerangka implementasi nilai nilai pancasila.bagaimana pasal pasal dalam aturan tersebut tidak bertentangan.dan hal lain tentu sama pentingnya untuk dilakukan kajian analisis yang komprehensip sebagai wujud membangun peradaban pancasila dalam tindakan melalui program PUiSi ini,”jelasnya.
(Gun”77)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *