Siap Perangi Convid-19, Dewia Zebua Menghimbau Masyarakat Selalu Memakai Masker Disaat Keluar Rumah

Siap Perangi Convid-19, Dewia Zebua Menghimbau Masyarakat Selalu Memakai Masker Disaat Keluar Rumah

Gemantara.com – Nias

Anggota DPRD Kabupaten Nias Dewia Zebua sekaligus sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan berharap masyarakat dapat mengenakan masker saat berada di luar rumah atau saat beraktifitas. Kewajiban memakai masker dinilai sangat penting untuk melindungi diri dari Covid-19.

Dewia mengatakan “Kalau semua pakai masker, mereka yang terpaksa keluar rumah diharapkan terlindungi. Setidaknya, terlindung dari kemungkinan penyebaran akibat percikan air dari bersin dan batuk” jelasnya pada awak media Sabtu, 11/4/2020.

Lanjut Dewia menambahkan, masyarakat yang tidak menggunakan masker tentu rentan terinfeksi. “Kalau tidak pakai masker sama sekali, tentu tidak ada filter dan pengaman sama sekali. Setidaknya, masker adalah pengaman minimal yang mesti dipakai,” ujarnya.

Dewia menuturkan di Ceko penggunaan masker itu wajib dipakai setiap orang / masyarakat. Disana ada kalimat yang sedang populer mengatakan bahwa
“I protect you, you protect me. Jika semua memakai masker, semua orang saling melindungi. Disana, kewajiban memakai masker tidak hanya dipakai oleh orang sakit, tetapi juga dipakai oleh orang yang sehat,” kata Dewia.

Anggota DPRD dari Dapil 1 Nias ini menjelaskan, masyarakat masih kerap keluar rumah dan berinteraksi sosial dalam bentuk kerumunan tanpa menggunakan masker. Kondisi seperti ini, Dewia jelaskan tentu tidak dapat memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Dewia berharap pemerintah mengambil kebijakan alternatif. Kebijakan yang sangat sederhana, mudah dilaksanakan, dan tidak memakan biaya, yaitu “Kebijakan itu adalah menghimbau masyarakat memakai masker setiap berada di luar rumah atau disaat beraktifitas. Setiap rumah tangga dihimbau untuk memproduksi masker secara masif yang terbuat dari bahan kain. Pemerintah pun harus memantau ketersediaan masker di pasaran dengan harga terjangkau,” jelas Dewia. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *