Tolanaso Gea Inspektorat(nisut) Laporan masyarakat desa Sisarahili terkait DD, 2018.Tunggu Hasil Audit.

Tolanaso Gea Inspektorat(nisut) Laporan masyarakat desa Sisarahili terkait DD, 2018.Tunggu Hasil Audit.

Gementara.Com (Nias Utara), Beberapa Masyarakat Desa Sisarahili, Kecamatan Namohalu Esiwa,Kabupaten Nias Utara,Sumatera Utara (Sumut). Mendatangi kantor Inspektorat kab Nias Utara dengan tujuan yakni mempertanyakan tentang laporan mereka yang telah di sampaikan kepada pihak inspektorat, pada tanggal 16/01/2019 bulan lalu. 

       Laporan yang disampaikan masyarakat itu, terkait dugaan indikasi pada pelaksanaan kegiatan Dana Desa 2018, yang diduga tidak sesuai dengan juknis. Dan kuat dugaan masyarakat adanya terdapat penyimpangan baik sistim pengeloan keuangan Desa maupun pelaksanaan kegiatan fisik yang tidak berkualitas. Pada saat kunjungan masyarakat itu di dampingi beberapa LSM dan Pers yang ada di wilayah Nias Utara di kantor inspektorat Nisut pada hari selasa (07/05/2019) 

Tolanaso Gea.S.pd.sebagai Inspektur inspektorat kabupaten Nias Utara, menerima dengan baik kedatangan masyarakat Desa sisarahili sebagai pelapor serta mintra dari LSM dan Pers di ruang kerjanya, dalam kesempatan itu di danpingin oleh Irbanwil III,ketua Tim APIP dan beberapa anggota APIP lainnya. Ketika inspektur inspektorat mempersilahkan dengan baik masyarakat pelapor untuk menyampaikan tujuan kedatangan mereka dengan itu salah seorang masyarakat pelapor menyampaikan salah satu intinya adalah masyarakat mempertanyakan kepada pihak inspektorat sejauh mana penanganan laporan mereka dari bulan januari samapai bulan mei 2019.

       Maka pihak inspektorat yang di sampaikan langsung oleh Tolanaso Gea menyampaikan bahwa laporan masyarakat telah kami menindaklanjuti dan tahapan yang telah kami lakukan adalah tim telah turun kelokasi pada bulan maret dan hasilnya akan kita sipulkan untuk berikutnya.Tolanaso menjelaskan bahwa hal ini bukan kami sengaja melambat lambatkan tetapi perlu kami jelaskan bahwa sebelum kami terima laporan masyarakat desa Sisarahili sudah terlebih dahulu kami sudah menetapkan kegiatan reguler tahun 2019 di berbagai aspek  kegiatan di Nias Utara.Sekalipun demikian kami masih tetap menanggapi laporan masyarakat sehingga kita tinggal menyimpulkan hasil audit kami percaya bagi masyarakat pelapor dapat memahami kertebatasan kami dan bersabar untuk menunggu hasil audit dari pihak APIP yang terkhusus tugas dalam pemeriksaan dana desa.” ungkapnya”

Menurut Olianus Harefa (Red),Masyarakat Pelapor saat dikonfirmasi oleh awak media Gementara.Com ” Membenarkan bahwasanya penanganan Laporan dugaan Korupsi Dana Desa di Desa Sisarahili, Kecamatan Namohalu Esiwa.yang kami laporkan telah ada respon dari Inspektorat namun untuk mengetahui apa hasilnya maka hari ini kami datang di kantor inspektorat hanya bertujuan adalah mempertanyakan hasil. 

Lanjut Olianus Harefa (Red), Benar telah ada kegiatan Inspektorat Kabupaten Nias Utara di Desa Sisarahili yang di hadiri oleh Irbanwil III F Sarumaha dan Tim pada tanggal 25 Maret 2019, Masyarakat pelapor khususnya tidak mengetahui Tujuan dan Hasil dari kegiatan tersebut, namun kami percaya pihak Inspektorat Kabupaten Nias Utara akan memproses Permasalahannya yang bersifat pelanggaran dan mengungkap Kebenaran  di Desa kami, harapan kami itu semoga kasus ini diproses, adil dan transparansi dan akurat karena kami masyarakat pelapor memiliki dasar dan bukti yang kuat atas Laporan dugaan Korupsi Dana Desa Tersebut.

     Ketua Tim APIP  Irbanwil III  An. A.Zebua Inspektorat.Menjelaskan laporan ini sedang kami proses dan dianya meminta kepada Inspektur Nias Utara untuk di beritakan limin waktu dalam bulan mei ini,  untuk melakukan proses guna  mengusut tuntas masalah tersebut, jangan di biarkan. Karena akan hilang kepercayaan masyarakat tersendiri terhadap kinerja inspektorat. Kita sudah mengenal  publik sekarang sudah cerdas,  Harapnya semoga kasus  dugaan korupsi Dana Desa ini Cepat terselesaikan.A.zebua mengakhir.

(F.001)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *